Apa Itu Aplikasi CRM dan Perannya untuk Bisnis? Simak ulasannya

Apa Itu Aplikasi CRM dan Perannya untuk Bisnis? Simak ulasannya

--

Radar Banyumas - Dalam istilah bisnis, terdapat sebuah strategi yang disebut CRM. CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang merupakan salah satu dari jenis sistem informasi yang saat ini banyak digunakan untuk membantu bisnis sebuah perusahaan. Customer Relationship Management atau CRM dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan. 

Hubungan tersebut terbatas pada level bisnis. Sehingga komunikasi dan pemasaran dapat dimaksimalkan melalui kontak dari user yang berbeda. Pendekatan ini memungkinan untuk mempertahankan posisi pelanggan. Juga dapat memberikan nilai tambah kepada customer tersebut. CRM juga melakukan kombinasi atas kebijakan, proses, dan strategi dalam satu kesatuan. Yang mana kombinasi tersebut diimplementasikan dalam sebuah perusahaan. 

Apakah Tujuan Aplikasi CRM?

Tujuan dibuatnya sistem informasi berbasis CRM diantaranya yaitu untuk meningkatkan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Peningkatan tersebut melalui terjalinnya hubungan yang baik antara korporasi dengan pihak pelanggan terkait. Kedua, menyediakan informasi yang lengkap mengenai data pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hubungan antara pihak perusahaan dan pelanggan melalui penjualan baik secara up selling dan cross selling.

Ketiga, menggunakan informasi yang telah terintegrasi. Sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan. Keempat, menghasilkan konsistensi dalam pembuatan prosedur penyaluran jawaban kepada pelanggan.

Apa Fungsi dari Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM juga memiliki fungsi yang harus diterapkan, diantaranya yaitu menerapkan falsafah yang berorientasi pada pelanggan atau biasa dikenal dengan customer centric. Melakukan identifikasi faktor penting bagi kebutuhan pelanggan. Membangun proses dalam pelayanan terhadap pelanggan secara maksimal. Mengadopsi pengukuran bisnis berdasarkan sudut pandang dari customer. 

Menyediakan dukungan penuh kepada customer. Melakukan penanganan berbagai keluhan yang berasal dari pelanggan. Mencatat setiap aspek yang terdapat dalam penjualan. Yang terakhir adalah membuat informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari customer.

Komponen dari Aplikasi CRM

Customer Relationship Management atau dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Hubungan Pelanggan ini terdiri dari tiga komponen penting di dalamnya meliputi Manajemen, hubungan, dan pelanggan. 

Manajemen yaitu terkait dengan komponen manajemen yang terfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan dengan pelanggan. Yang nantinya akan memberi dampak pada kemajuan perusahaan. Terutama dalam hal peningkatan pengembangan dari segi keunggulan yang kompetitif.

Komponen yang berikutnya adalah hubungan yang mana sebuah perusahaan atau instansi pasti membutuhkan komunikasi yang dilakukan dua arah. Dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada customer dalam jangka waktu yang panjang.  Sedangkan komponen pelanggan adalah orang yang akan, sedang, dan pernah menggunakan jasa sebuah perusahaan. Apakah itu melihat, melakukan transaksi, maupun perbaikan (maintenance).

Manfaat Aplikasi CRM Untuk Bisnis

Untuk bisnis, manfaat CRM adalah terdiri dari beberapa poin. Diantaranya:

1. Membangun Loyalitas Pelanggan. Dengan adanya CRM memungkinkan sebuah perusahaan untuk memanfaatkan informasi pelanggan. Baik melalui call center, website, maupun melalui staf pemasaran produk. Ataupun memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan agar diharapkan dapat memberikan hasil yang positif bagi peningkatan bisnis.

2. Peningkatan Efisiensi Operasional Kerja. Dengan strategi CRM diharapkan mampu untuk memberikan kemudahan dalam proses penjualan produk dan juga layanan. Selain itu juga bermanfaat dalam mengurangi tingkat resiko. Baik dari turunnya kualitas pelayanan dan beban cash flow.

3. Mengurangi Beban Biaya Produksi. Dengan skema yang lebih spesifik, penjualan produk dapat berfokus untuk menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Karenanya biaya yang dikeluarkan akan dapat tercatat dan juga ditampilkan secara terperinci. 

4. Peningkatan Time to Market. Penerapan strategi CRM ini diharapkan mampu untuk mendapatkan dan mengelola berbagai informasi seperti data trend pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Hal ini dapat membantu untuk menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan sebuah produk.

5. Meraih Pendapatan secara Optimal. Dengan penerapan aplikasi CRM yang tepat, maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu dapat mengurangi biaya, time to market, dan juga meningkatkan efisiensi kerja. Dari semua hal tersebut sangat memberikan pengaruh dalam memberikan profit atau keuntungan bagi pelaku bisnis.

Prinsip dan Cara Kerja dari Aplikasi CRM

Prinsip CRM terpusat pada kemauan bisnis untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Yang tentunya dilakukan tanpa menambah beban biaya dan waktu. Memperoleh data-data pelanggan yang memberikan profil dan karakter nyata dan akurat. Selain itu juga dapat mengetahui karakter dari pelanggannya. Sebab perusahaan perlu memilih cara interaksi yang tepat untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Setidaknya ada lima cara kerja CRM untuk menciptakan loyalitas pelanggan agar berdampak kepada bisnis. Diantaranya:

1. Menciptakan lingkaran komunikasi antara pemasar dan pelanggan untuk menciptakan komunikasi atau interaksi. Strategi ini difokuskan untuk bisa menciptakan lingkaran komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan.

2. Melakukan customer profiling dengan melakukan segmentasi pasar. Karena hanya dengan mengenal pelanggan, benefit dan program sesuai yang mereka inginkan dapat diwujudkan.

3. Menggunakan data pelanggan sebagai acuan pertama pada program CRM untuk dapat membuat program atau benefit yang dasarnya selalu menggunakan data.

4. Bertanya apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Hal ini menjadi dasar untuk mampu menciptakan layanan pelanggan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Caranya, dengan menanyakan langsung kebutuhan dan keinginan mereka. Atau juga bisa dengan form survei.

5. Ketika sudah mendapatkan informasi apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Lanjutkan dengan mengubah informasi pelanggan tersebut menjadi knowledge. Knowledge tersebut yang kemudian dapat digunakan untuk membuat program, benefit, ataupun layanan yang nantinya akan diberikan kepada pelanggan.

Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Dalam kurun waktu ini, aplikasi CRM berkembang pesat dan mulai masiv diincar para perusahaan. Dilihat dari segi kebermanfaatannya dan kesuksesannya dalam bisnis. Berikut beberapa aplikasi yang bisa direkomendasikan yaitu:

1. Aplikasi Mekari Qontak.com menjadi salah satu mitra resmi WhatsApp di Indonesia, sehingga dapat memperoleh WhatsApp Business API melalui Qontak.com. Selain itu juga dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM dan menjadi WhatsApp CRM. Dengan demikian perusahaan dapat memiliki solusi bisnis yang lengkap hanya dari satu vendor. Praktis dan ekonomis pastinya.

2. Microsoft Dynamics CMR merupakan rangkaian aplikasi perencanaan sumber daya dan sales CRM perusahaan. Dimana sistem operasinya menggunakan Microsoft Windows. Dengan Dynamics 365, perusahaan akan memperoleh CRM tools. Fungsinya sebagai solusi fleksibel. Hanya saja menggunakan Microsoft Dynamics membutuhkan biaya yang cukup mahal. Selain itu tidak adanya support khusus untuk penggunanya.

3. EngageBay ini menyediakan aplikasi CRM yang memang dirancang untuk membantu perusahaan kecil hingga menengah. Software CRM yang berbasis cloud ini diperuntukkan pada dukungan bisnis agar mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka. Dengan menggunakan EngageBay, perusahaan dapat mengelola dan melacak semua aktivitas baik dari pelanggan, prospek, dan kesepakatan penjualan.

4. Pipedrive merupakan salah satu aplikasi CRM yang memiliki kantor di beberapa negara. Pipedrive ini juga merupakan perusahaan yang memberikan penawaran software yang berbasis cloud. Dimana fokusnya pada aplikasi customer relationship management. Pipedrive berkantor di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan juga  Republik Ceko. Namun yang disayangkan bahwa aplikasi ini tidak memiliki versi gratis. Sekalipun sebenarnya mereka menawarkan uji coba gratis.

5. Keap yang merupakan aplikasi CRM adalah aplikasi yang membantu bisnis mendapatkan lebih banyak prospek dari pemasaran email dan juga SMS. Melalui aplikasi CRM ini perusahaan  bisa melakukan pelacakan seluruh aktivitas pelanggan. Terutama selama berinteraksi dengan bisnis. Selain itu, perusahaan juga dapat memindahkan prospek dengan mudah ke tahapan baru pada pipeline sales dashboard.

6. Barantum merupakan perusahaan rintisan berbasis digital atau startup yang fokusnya pada pengembangan layanan CRM. Barantum memiliki beberapa kemampuan baru untuk membantu perusahaan dalam mempercepat pertumbuhan bisnis suatu perusahaan. Dengan strategi peningkatan penjualan dan kinerja SDM penjualan, serta membangun bisnis yang lebih baik dengan para pelanggan. Barantum juga memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat. Berkolaborasi secara lebih efektif, dan membuat keputusan lebih cepat dan lebih ter informasi tentang pelanggan, dan menghilangkan proses manual yang memakan waktu.

Lebih Jauh Mengenal Mekari Qontak

Penyedia aplikasi CRM Indonesia yang untuk saat ini cukup mudah untuk didapatkan adalah Qontak.com. Mekari Qontak ini merupakan perusahaan teknologi penyedia software CRM yang saat ini menjadi yang terbaik di Indonesia. Dan dinilai dapat membantu proses pemantauan penjualan. Aplikasi ini CRM adalah yang terbaik di Indonesia dan memiliki fitur lengkap dengan harga yang bersaing.

Adapun fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi CRM terbaik Qontak.com yaitu:

1. Customization adalah aplikasi ini bisa dicustom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.

2. 360 View and Analytical Reporting yang membuatnya mampu menyajikan data yang lengkap. Meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung. Juga pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

3. Live GPS and Mobile Application merupakan fitur Sales CRM Qontak memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya. Walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.

4. KPI Tracking and Task Management yaitu fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga bisa mempercepat KPI dan kinerja bisnis perusahaan. 

5. WhatsApp Omnichannel Integration dimana fitur ini mengintegrasikannya dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.

6. Document Otomatization untuk memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan dan layanan penuh terhadap penggunanya.

7. Marketing Initiation untuk terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.

8. Dedicated Support yaitu memberikan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang terjangkau.

9. Chat and Web Chat Feature akan dapat terintegrasi dengan fitur Live Chat dan Web Chat. Sehingga dapat memberikan kemudahan untuk pelanggan dalam menghubungi kontak bisnis perusahaan.

Hanya dengan satu akun bisnis, Mekari Qontak dapat membantu pemilik bisnis untuk menggunakan satu nomor WhatsApp yang bisa digunakan untuk banyak pengguna. Seperti WhatsApp multiple device. Juga kirim Broadcast WA secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis, memberikan respon pelanggan secara otomatis dengan chatbot. 

Dan mengirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir. Bisa untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi, serta manfaat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan, kinerja bisnis, maupun kinerja karyawan.

Ada lebih dari tiga ribu bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, bahkan Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter yang sudah mempercayakan bisnisnya pada Qontak. Dengan demikian, jadikan Qontak sebagai Otomatisasi bisnis sebelum ketinggalan tentunya menjadi pilihan yang bijak  Informasi lebih banyak tentang Qontak, pelanggan dapat menghubungi tim Qontak melalui Mekari.com. Bahkan pelanggan bisa mendapatkan akun demo gratis. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: