Jalal Wahrudin, Petani Berprestasi dari Desa Langgar Purbalingga, Berprestasi Inovasi Sambung Lada dan Malada

 Jalal Wahrudin, Petani Berprestasi dari Desa Langgar Purbalingga, Berprestasi Inovasi Sambung Lada dan Malada

Jalal Wahrudin selalu was-was tanaman ladanya akan mati. Tanaman lada di desanya terkena penyakit busuk akar. Hal itu membuat petani kreatif ini memutar otak untuk mengatasi penyakit tanaman lada tersebut.--

BACA JUGA:Jalur Siregol Kembali Putus, Material Longsor Tutup Jalan

Dia pun menularkannya kepada para petani lada di sekitar.  Dia menerima penghargaan tersebut , di Hotel Aston Cirebon, Rabu (19/10) pekan lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga Pandi mengapresiasi prestasi yang diraih Jalal Wahrudin. 

“Dari hasil inovasi sambung lada dan ditularkan kepada masyarakat sehingga penyakit busuk akar bisa tertanggulangi,” ujarnya.

BACA JUGA:Ruas Jalan Kemranjen-Tanggeran Lebih dari Seratus Lubang

Pandi merasa bersyukur setelah kurang lebih 3 kali Kabupaten Purbalingga mengikuti lomba TTG unggulan tingkat Nasional. Namun  baru tahun 2022 ini bisa masuk juara harapan tingkat nasional.

Hasil dari TTG ini bisa menjadi nilai ekonomi dan menciptakan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan.

BACA JUGA:Tanah di Desa Siwarak Turun Satu Centimeter Setiap 10 Menit

Dengan meraih kejuaraan ini Kementerian Desa Pembanguna Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan memfasilitasi hak cipta atau hak paten produk lada sambung tanaman lada dengan malada. Sehingga, harapannya bisa dipasarkan secara nasional,” katanya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: