Musim Hujan Datang, Obati Gatal Secara Cepat dengan 8 Tips Ini

Musim Hujan Datang, Obati Gatal Secara Cepat dengan 8 Tips Ini

Ilustrasi pengendara terabas hujan -Foto dok net -

Radar Banyumas- Selain batuk pilek, gatal-gatal adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang. Musim hujan saat ini memang meningkatkan risiko masalah kulit dikarenakan kondisi yang lembab. Anda bisa saja terkena eksim, kurap, infeksi kuku dan kutu air. 

 

Apabila Anda tidak segera mengobatinya, bisa jadi gatal-gatal akan menyebar dan membuatnya semakin parah. Nah, Anda bisa mengobati gatal dengan beberapa langkah di bawah. Salah satu langkah yang tak kalah penting adalah mengoleskan salep, seperti halnya Zambuk. Ini adalah obat salep tradisional dengan sejuta manfaat. 

 

8 Tips Mengatasi Gatal dengan Cepat di Musim Hujan

  1. Menghindari Sesuatu yang Meningkatkan Iritasi

Selain hujan, ada banyak hal yang bisa memicu iritasi. Diantaranya adalah stress, sentuhan dengan serat sintetis, air panas, perubahan suhu dan kelembaban, produk perawatan kulit yang mengandung pewangi dan lain sebagainya. 

 

Stress dapat menurunkan metabolisme tubuh, membuat gatal lebih cepat kambuh. Sementara itu, air panas dapat membuat kulit cepat kering dan gatal-gatal. 

 

Pastikan juga bersiap dengan perubahan suhu dengan mengenakan jaket. Perubahan suhu ekstrim sangat mungkin membuat kulit mengelupas dan semakin gatal. 

 

Pastikan Anda menghindari berbagai hal pemicu iritasi tersebut agar alergi tidak semakin bertambah parah. 

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit yang terlalu kering ternyata justru menyebabkan kulit mudah iritasi. Untuk itu, coba oleskan lotion atau krim untuk membuatnya lembab. Anda bisa mengoleskannya sesaat sebelum tidur agar kandungannya meresap lebih lama. 

 

Sedikit tips, cobalah memilih pelembab yang mengandung emolien. Zat ini bisa menarik air menuju kulit dan mengunci kelembaban. 

 

Cara lainnya adalah dengan minum banyak air putih untuk membantu kulit semakin lembab dari dalam. Bawalah botol tumbler kemana-mana, usahakan untuk minum setidaknya minimal 8 gelas per harinya. 

  1. Hindari Menggaruk Lebih Sering

Rasa gatal yang tak tertahankan memang menyebalkan. Akan tetapi, hindari menggaruk kulit secara langsung dalam waktu yang agak lama. 

 

Terlebih lagi, menggaruk justru membuat kulit lecet dan tidak bisa menghilangkan rasa rasa gatal. 

 

Ketika gatal kembali lagi, Cobalah ditahan sebentar. Baru, jika Anda tidak tahan bisa digaruk dengan catatan tanpa menggunakan kuku tangan. 

  1. Kompres Dingin Selama 10 Menit

Salah satu cara terampuh untuk mengatasi kulit gatal adalah dengan menggunakan kompres dingin. Menurut American Academy of Dermatology, air dingin bisa mengurangi rasa gatal. 

 

Cukup gunakan kain basah dan masukkan ke dalam air es selama 10 menit, kemudian oleskan pada area yang gatal. 

 

Cara ini tak hanya dapat mengurangi rasa gatal, tetapi juga menghilangkan peradangan yang sudah muncul di kulit. 

 

Trik lainnya adalah dengan memasukkan botol lotion atau krim pelembab di dalam lemari es. Ketika sudah dingin, Anda bisa mengoleskannya langsung pada kulit. 

  1. Oleskan Gel Lidah Buaya

Siapa sangka, tanaman lidah buaya sangat mampu dijadikan obat gatal alami. Gel ini bisa mengatasi gatal pada kulit ringan, termasuk iritasi atau gigitan serangga. 

 

Tak hanya menghilangkan kulit yang gatal, gel lidah buaya mampu memberikan sensasi dingin yang sangat nyaman pada kulit. Kulit pun jadi lebih cepat sembuh dari gatal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: