Pilih Software Attendance Management Bahasa Indonesia untuk Permudah Tugas HRD

Pilih Software Attendance Management Bahasa Indonesia untuk Permudah Tugas HRD

Iluatrasi Keuangan--

Radar Banyumas - Perusahaan harus melakukan inovasi secara berkala agar terus berkembang. Salah satu inovasi yang perlu dilakukan adalah mengganti sistem absensi karyawan, dari manual menjadi sistem absensi digital dengan teknologi cloud.

Pada masa kini yang serba digital, terjadi pergeseran sistem kerja. Perusahaan memungkinkan memberlakukan sistem kerja online, sistem kerja remote atau sistem kerja virtual. Sistem kerja seperti inilah yang membuat perusahaan membutuhkan absen digital berupa software attendance management bahasa Indonesia.

Mengenal Software Attendance Management Bahasa Indonesia

Software attendance management bahasa Indonesia adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan menggunakan aplikasi berbasis cloud. Software attendance management merupakan sistem penyimpanan dan pengolahan data melalui jaringan internet. Penyimpanan dan pengolahan ini data ini berfungsi menjalankan program melalui komputer yang terkoneksi internet, sehingga dapat menampilkan data secara real-time.

Memilih software attendance management dengan menggunakan aplikasi cloud storage, akan memudahkan kedua belah pihak, yaitu perusahaan dan karyawan.

Perusahaan bisa mencatat kehadiran karyawan secara digital, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. Sistem ini juga praktis. Perusahaan hanya menyediakan aplikasi. Lalu, karyawan bisa mencatatkan kehadirannya setiap hari, dari mana saja.

Dari sisi karyawan, kemudahannya adalah, karyawan tidak harus datang ke kantor hanya untuk mencatatkan kehadiran. Software attendance management bahasa Indonesia terutama memudahkan karyawan pekerja remote yang bisa bekerja dari mana saja, serta memantau karyawan bagian sales yang biasanya sering melakukan kunjungan ke kantor klien atau meeting dengan calon klien di luar kantor.

Kelebihan Software Attendance Management Bahasa Indonesia

Pada saat ini software attendance management bahasa Indonesia menjadi andalah HRD di banyak perusahaan. Sebab, memiliki banyak kelebihan, yaitu:

  1. Dapat Diakses di Mana pun

Software attendance management bahasa Indonesia storage dapat diakses dengan mudah di mana pun, asalkan terhubung dengan internet. Tidak ada alasan bagi karyawan untuk tidak melakukan pencatatan kehadiran. Dengan software attendance management, karyawan hanya perlu menginstal aplikasi di ponsel masing-masing, lalu melakukan pencatatan kehadiran di mana pun berada.

  1. Lebih Praktis dan Meningkatkan Produktivitas

Bagi pihak HRD, melakukan rekapitulasi absensi secara manual tentu saja memakan waktu dan tenaga. Belum lagi jika ada human error, pasti akan menambah panjang proses pengerjaannya.

Menggunakan software attendance management membuat pengerjaan rekapitulasi absensi menjadi lebih mudah. Rekapitulasi absensi sudah dilakukan oleh aplikasi. HRD hanya perlu menarik data dari aplikasi. Dalam waktu singkat, HRD bisa mendapatkan data jumlah hari kerja karyawan dalam satu bulan, data cuti karyawan, data karyawan yang sakit, dan data lain yang diperlukan.

Semudah dan secepat itu, sehingga menghemat waktu, tenaga, dan pikiran. HRD pun bisa meningkatkan produktivitas dengan melakukan pekerjaan lain yang sifatnya lebih krusial.

  1. Menyajikan Data Secara Real-Time

Sebagai bagian dari divisi HRD atau pemilik perusahaan, sering kali Anda memerlukan data sewaktu-waktu. Anda tidak perlu menunggu rekapitulasi data setelah periode tertentu. Data dari aplikasi berbasis cloud ini disajikan secara real-time. Anda akan langsung bisa mendapatkan data yang dibutuhkan, kapan pun diperlukan.

  1. Biaya Lebih Rendah

Menggunakan aplikasi kehadiran berbasis cloud membuat perusahaan bisa menekan biaya. Sebab, aplikasi absensi digital ini benar-benar hanya memerlukan koneksi internet. Sangat berbeda dengan sistem absensi manual yang memerlukan perangkat yang tentunya membutuhkan biaya pembelian, perawatan, perbaikan, bahkan penggantian apabila perangkat tersebut sudah tidak layak pakai.

  1. Keamanan Data Lebih Terjamin

Sistem cloud memiliki kemampuan mem-back-up data setiap saat. Data disimpan pada beberapa server yang memungkinkan tidak adanya kegagalan sistem, sehingga data terhindar dari risiko hilang.

Sistem ini juga meminimalkan celah terjadinya kecurangan atau pelanggaran. Sebab, sistem cloud bisa mendeteksi adanya potensi kecurangan. Selain itu, data-data pada sistem cloud sudah terenkripsi.

Tips Memilih Software Attendance Management Bahasa Indonesia

Software attendance management yang mengadopsi teknologi cloud memang menawarkan fleksibilitas dalam mengakses data kehadiran karyawan. Hal ini memudahkan atasan atau HRD dalam mengakses data kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan. Hal ini merupakan kelebihan utama dari sistem software attendance management. 

Pemanfaatan layanan software attendance management bahasa Indonesia bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan dengan menggunakan layanan software attendance management bahasa Indonesia maka dapat membantu menghemat dan mengurangi biaya pembelian inventaris kantor. Cukup membayar biaya layanan software attendance management bahasa Indonesia sesuai dengan paket layanan yang telah dipilih, maka berbagai manfaat software attendance management bahasa Indonesia untuk menunjang sistem kerja Anda bisa segera dinikmati.

Namun, kemudian muncul sebuah pertanyaan penting yang akan menentukan kelangsungan salah satu investasi jangka panjang ini, yaitu, bagaimana caranya memilih layanan software attendance management bahasa Indonesia terbaik?

Berikut beberapa tips yang wajib Anda ketahui untuk memilih layanan software attendance management bahasa Indonesia terbaik bagi perusahaan Anda:

  1. Pahami Manfaat Software Attendance Management Bahasa Indonesia

Sebelum menentukan apakah akan menggunakan layanan software attendance management bahasa Indonesia maka ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami bahwa setiap pekerjaan HRD. Mengetahui ritme kerja HRD yang membutuhkan kecepatan, ketepatan dan ketelitian dalam mendapatkan dan mengolah data pegawai, karena masalah kepegawaian adalah hal yang cukup krusial di setiap perusahaan. Untuk itu, dibutuhkan software attendance management bahasa Indonesia yang mampu menunjang pekerjaan HRD terkait kepegawaian tersebut.  

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dalam memilih layanan software attendance management bahasa Indonesia sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Sangat memungkinkan untuk menjumpai banyak macam layanan software attendance management bahasa Indonesia dengan berbagai fitur unggulannya.

Jika Anda membutuhkan layanan software attendance management bahasa Indonesia yang dapat membantu memantau dan mengolah data kehadiran karyawan dari berbagai lokasi kerja lebih mudah, cepat, dan akurat maka pilihlah Fingerspot.net yang telah terbukti handal dalam membantu pekerjaan khususnya bagi HRD.

Layanan software attendance management bahasa Indonesia Fingerspot.net dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti meeting management, visitor, mendukung API SDK, tersedia App playstore untuk smartphone dan masih banyak lagi yang membuatnya sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan software attendance management bahasa Indonesia perusahaan Anda. 

  1. Pertimbangkan Budget Perusahaan

Untuk dapat menikmati berbagai manfaat layanan software attendance management bahasa Indonesia dalam menunjang sistem kerja perusahaan, maka cukup mengeluarkan biaya layanan sesuai pilihan. Dengan demikian, perusahaan pun bisa lebih berhemat dan mengurangi biaya pembelian inventaris kantor, sehingga bisa dijadikan salah satu cara perusahaan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Namun jika bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau maka ini bisa menambah keuntungan berlipat bagi perusahaan karena bisa lebih berhemat. 

Carilah informasi promo terkait layanan software attendance management bahasa Indonesia yang berkualitas. Selain harga yang terjangkau, dalam promo biasanya juga menawarkan berbagai keuntungan tambahan lain yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. seperti Fingerspot.net yang saat ini bisa didapatkan dengan harga spesial dan masih ditambah berbagai keuntungan lainnya. 

  1. Perhatikan Kualitas

Berkualitas dan terpercaya merupakan hal yang juga sangat penting untuk dipertimbangkan ketika memilih layanan software attendance management bahasa Indonesia. 

Dengan memperhatikan beberapa kriteria di atas, maka Anda bisa dengan mudah menentukan layanan software attendance management bahasa Indonesia yang akan digunakan untuk menunjang sistem kerja Anda. Jangan asal pilih layanan software attendance management bahasa Indonesia agar pemanfaatannya dalam jangka panjang bisa lebih optimal.  

6 Aplikasi Absensi Online Android Gratis untuk Karyawan

  1. Aplikasi Absensi Online Talenta by Mekari

Aplikasi Talenta by Mekari sedikit berbeda dengan yang lainnya karena selain untuk pencatatan kehadiran, aplikasi online Android ini juga bisa membantu jalannya operasional perusahaan Anda, terutama untuk bagian HRD. 

Talenta by Mekari adalah aplikasi yang paling cocok digunakan pada era digital seperti saat ini. Aplikasi tersebut menggunakan sistem berbasis cloud, sehingga memudahkan pihak perusahaan maupun karyawan.

Aplikasi Talenta by Mekari memiliki fitur absen digital, timesheet online, serta pengaturan jadwal kerja karyawan sistem shift.

Aplikasi ini membuat pekerjaan HRD menjadi lebih ringan dan praktis. Talenta by Mekari juga memiliki kelebihan software attendance management bahasa Indonesia yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian, waktu, tenaga, dan pikiran, dapat digunakan untuk hal lain dalam rangka meningkatkan performa perusahaan.

Sistem kerjanya menggunakan pengenalan wajah atau face recognition, karena karyawan cukup ambil absen dengan cara berfoto selfie. Metode ini paling canggih saat sekarang karena meminimalisir tindak kecurangan. Talenta by Mekari akan mencatat waktu kerja dan kehadiran para karyawan dengan berbagai fitur-fitur penunjang lainnya.

Saat kondisi new normal beberapa perusahaan melanjutkan kerja dengan sistem hybrid (kombinasi antara WFH dan WFO). Aplikasi berbasis Android Talenta by Mekari memudahkan perusahaan untuk melakukan pencatatan absen digital, jadwal shift kerja, timesheet online hingga reimbursement online.

Aplikasi presensi berbasis cloud menjadi teknologi terkini yang telah sangat diandalkan oleh HRD di hampir seluruh perusahaan. Itu berarti sudah banyak perusahaan yang merasakan manfaatnya. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Aplikasi ini bisa kamu coba secara GRATIS dengan mengunjungi websitenya  di https://www.talenta.co/. Coba sekarang juga dan nikmati beragam fiturnya!

  1. Time Clock by Homebase

Aplikasi absensi online android ini bisa didapatkan secara gratis dengan beberapa fitur menarik yang ditawarkan, mulai dari kontrol absensi, fitur penjadwalan rekrutmen serta bisa diakses dengan beberapa pilihan paket.Fiturnya user friendly dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan misalnya  saja membuat jadwal dan pelacakan jam.

  1. Clockify – Time Tracker

Aplikasi absen karyawan android ini juga gratis untuk memudahkan pengelolaan absensi dengan dua fitur utama timetracker dan timesheet. Clockify juga menghadirkan performance and project review report yang berfungsi memudahkan pemantauan kinerja karyawan.

  1. When I Work Employee Scheduling

Aplikasi absen android online ini lebih cocok untuk bisnis ataupun usaha kecil karena gratis hanya untuk digunakan 75 karyawan saja, diluar itu dikenakan biaya. Fitur pada aplikasi ini juga cukup lengkap mulai dari pengelolaan shifting, jam lembur, attendance monitoring, team message hingga penjadwalan karyawan.

  1. Attendance Manager

Aplikasi absensi online android menghadirkan kemudahan dalam hal fitur timesheet, time tracking hingga absensi karyawan yang dilengkapi GPS. Kelebihan aplikasi ini adalah cocok digunakan untuk kebutuhan akademis selain untuk keperluan bisnis melalui absensi karyawan di kantor maupun tempat kerja lain. Memiliki fitur sederhana dan mudah dalam mengoperasikan baik untuk melihat timesheet maupun memantau kegiatan para karyawan.

  1. Open Time Clock

Open Time Clock memiliki tampilan dan fitur sederhana dan khusus digunakan untuk manajemen waktu layanan serta sistem absensi, namun bisa digunakan oleh jumlah karyawan tak terbatas. Jika perusahaan ingin mendapatkan layanan lebih lengkap bisa mendaftarkan diri untuk masuk ke aplikasi berbayar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: