Desa Banjarwaru Nusawungu Dipromosikan Jadi Desa Budaya

Desa Banjarwaru Nusawungu Dipromosikan Jadi Desa Budaya

Pelaku kesenian di Banjarwaru mengikuti kegiatan Rakor Penyuluhan Kesenian di Desa Banjarwaru, Selasa (18/10)-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebagai desa yang dikenal akan kesenian tradisionalnya, Desa Banjarwaru Kecamatan Nusawungu akan dipromosikan sebagai desa budaya

Kepala Desa Banjarwaru, Mugi Prihantono mengatakan, pelaku seni di Desa Banjarwaru kini sedang mengalami pasang surut. 

Untuk itu, pihaknya mendorong agar generasi milenial di Desa Banjarwaru bisa mengenal kembali kesenian tradisional yang ada di desa ini.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Amblas di Ruas Jalan Nasional Yogyakarta - Bandung di Jatilawang Ditargetkan Seminggu

"Kami ingin mengulang kembali masa keemasan seperti di tahun 80 dan 90an dimana pada saat itu, kesenian tradisional Banjarwaru dikenal oleh kabupaten lain maupun di tingkat nasional," kata Mugi, usai Rakor Penyuluhan Kesenian di Desa Banjarwaru, Selasa (18/10).

Dikatakan Mugi, tidak hanya kesenian calung, namun Banjarwaru memiliki banyak kesenian tradisional lainnya, seperti ebeg, rebana, kentongan, wayang dan lainnya. 

BACA JUGA:6.248 Kendaraan Terjaring Tilang Elektronik dalam Operasi Zebra Candi di Purbalingga

"Karena saat ini juga kurang perhatian dari pemerintah. Saat ini kami mencoba dengan pemerintah kabupaten mewujudkan kembali untuk kesenian Banjarwaru dan mempromosikan desa kami sebagai desa budaya," kata Mugi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: