Menjajaki Indahnya Kawasan Wisata Tumpeng Menoreh

Menjajaki Indahnya Kawasan Wisata Tumpeng Menoreh

Suasana pemandangan Tumpeng Manoreh saat senja (Instagram Tumpeng Manoreh)--

Radar Banyumas - Kawasan wisata di Jogja saat ini tidak terhitung banyaknya. Salah satu yang berhasil menyedot perhatian yaitu kawasan wisata Tumpeng Menoreh. Sebagai objek wisata yang indah dan instagramable, kawasan ini memang banyak dituju baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Tentunya masih ada beberapa di antara masyarakat yang belum pernah berkunjung ke kawasan tersebut. Hal ini karena terbentur informasi mengenai keindahan lokasi tersebut hingga informasi teknis terkait rute hingga harga tiket dan jam operasionalnya. Supaya tidak salah berkunjung, simak informasi menarik tentang wisata Tumpeng Menoreh yang ada di bawah ini.

Tentang Keindahan Wisata Tumpeng Menoreh
Pemandangan fajar adalah daya tarik terbesar dari kawasan wisata Tumpeng Menoreh. Indahnya hal tersebut mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke area di seputar Jogja ini. Disini, pengunjung dapat bersantai bersama anggota keluarga sambil menunggu matahari terbit di pagi hari bersama-sama. Tidak perlu khawatir bila ingin datang ke lokasi ini kapan saja atau sewaktu-waktu, karena kawasan wisata tersebut buka 24 jam sehari.

Bukan hanya itu saja, namun pengunjung juga dapat melihat tiga gunung secara bersamaan dari titik tertinggi yang berupa puncak kerucut dari wisata Tumpeng Menoreh ini. Kawasan yang memiliki lantai seperti helipad tersebut menyajikan indahnya pemandangan gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing sekaligus. Sekali datang, tiga pemandangan gunung nan indah langsung tersaji di hadapan. Sehingga bisa dibayangkan seperti apa indahnya pemandangan dari puncak wisata yang sedang hits tersebut.

Kawasan wisata ini juga menyuguhkan spot-spot foto Instagramable. Ada banyak lokasi menarik yang cocok untuk dijadikan latar belakang menarik. Bagi pecinta fotografi, sayang rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk datang ke sini. Karena dijamin foto-foto yang diambil akan terlihat indah dan menarik perhatian. Pastinya, pengunjung lokasi wisata di Jogja tersebut dijamin tidak akan merasa kecewa sama sekali. Belum lagi nikmat udara yang sejuk dan segar yang juga didapat bersamaan.

Lokasi Wisata dan Rute Transportasinya
Bagi yang ingin berwisata ke kawasan Tumpeng Menoreh di Yogyakarta, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tepatnya kawasan tersebut berada di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika diperkirakan kawasan wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer saja dari pusat kota Jogja. Bagi yang memutuskan untuk membawa mobil, sebaiknya pilih saja pintu masuk dari Kebun Teh Nglinggo lalu pilih jalur menuju puncaknya.

Tidak perlu khawatir akan rute yang akan dilalui dari sini, karena mayoritas jalan sudah beraspal. Selain itu rute jalanan di kawasan tersebut tidak terlalu curam. Namun sebaiknya tetap hati-hati, karena area jalan cukup sempit. Sehingga jalanan tersebut sulit dilewati mobil yang datang dari arah sebaliknya.

Alternatif lain yang lebih mudah yaitu melalui Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini karena akses jalan melalui Kulon Progo bisa dikatakan cukup baik. Sehingga kendaraan bisa sampai ke tempat parker kawasan wisata dengan mudah.
Apabila tidak memiliki mobil pribadi juga tidak perlu khawatir. Karena lokasi ini juga bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Selain itu ada banyak pilihan tempat sewa mobil yang dapat mengantarkan pengunjung menuju lokasi Tumpeng Menoreh dengan cepat. Bila datang bersama kawan atau keluarga, hal tersebut bisa menjadi pilihan transportasi yang menarik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Tumpeng Menoreh
Selain informasi tentang lokasi dan rute menuju Tumpeng Menoreh, umumnya banyak yang penasaran dengan harga tiket masuk serta jam buka dari kawasan wisata tersebut. Sebaiknya jangan ragu ketika Anda berniat untuk menikmati pemandangan dan keindahan alam disini. Karena bisa dibilang harga tiket yang ditawarkan cukup bersahabat. Sehingga tentunya banyak yang dapat berkunjung tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket kawasan wisata tersebut hanya sekitar Rp 50.000 per orang. Harga ini sudah termasuk tiket masuk sekaligus vocer untuk makan siang. Karena itu tidak hanya menikmati pemandangan indah saja, namun pengunjung sekaligus bisa menikmati wisata kuliner seputar area tersebut. Apalagi di kawasan ini memang sengaja terdapat restoran yang membantu pengunjung untuk bersantap di area ini dengan mudah. Sambil menikmati beragam menu, dapat menikmati seluruh pemandangan yang disajikan di tempat ini.

Jam buka wisata Tumpeng Menoreh juga dapat dibilang cukup fleksibel. Sebagai kawasan wisata yang siaga 24 jam, siapapun bebas datang untuk berkunjung kapan saja ke area tersebut. Namun disarankan untuk datang ke lokasi wisata di pagi hingga sore hari, supaya lebih kondusif dan lebih nyaman menikmati pemandangan yang ditawarkan di sana.

Fasilitas Yang Ditawarkan
Terdapat berbagai fasilitas yang membuat kawasan Tumpeng Menoreh menjadi lokasi wisata yang menyenangkan. Ada berbagai fasilitas umum di tempat tersebut mulai dari toilet hingga mushola untuk pria maupun wanita. Baik bepergian bersama anak kecil ataupun orang tua tidak perlu khawatir, karena fasilitas yang disediakan mendukung liburan untuk seluruh usia.

Berwisata ke kawasan ini beramai-ramai juga memungkinkan. Tempat parkir yang luas membuat kawasan tersebut mampu menampung banyak kendaraan pribadi hingga berbagai kendaraan sewa. Selain itu disini juga menawarkan destinasi wisata skyline untuk para pengunjung. Hal tersebut bisa didapatkan dengan jalan menikmati dan mengagumi keindahan pemandangan yang akan ditemui seputar kawasan Tumpeng Menoreh.

Terakhir kawasan Tumpeng Menoreh juga memiliki fasilitas restoran seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bahkan area restoran ini juga dilengkapi dengan tempat foto Instagramable untuk mendapatkan spot-spot foto terbaik pilihan. Ada juga fasilitas area kamping bagi yang ingin bermalam seputar kawasan tersebut untuk menikmati matahari pagi maupun matahari terbenam. Oleh sebab itu, dengan fasilitas terbaik tersebut, wisatawan dapat memperoleh momen terbaik tatkala berkunjung ke kawasan wisata ini. Keindahan alam dan lokasi puncak Bukit Tumpeng Menoreh memang lain daripada yang lain.

Informasi di atas tentang kawasan wisata Tumpeng Menoreh semoga cukup jelas dan bermanfaat. Terutama untuk yang sedang merencanakan akhir pekan atau ingin menyempatkan diri berlibur ke area Jogja. Kawasan wisata tersebut adalah salah satu tempat yang layak dijadikan pertimbangan. Tidak hanya memiliki alam yang indah, namun suasana serta udara yang ditawarkan sangat mendukung untuk melepas lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: