Per Warung Dapatkan Dana Rp 17 Juta, Untuk Revitalisasi Program Dandan Warung di Purbalingga

Per Warung Dapatkan Dana Rp 17 Juta, Untuk Revitalisasi Program Dandan Warung di Purbalingga

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat melaunching program dandan rumah-Foto Aditya / Radar Banyumas -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Program revitaliasasi atau dandan warung milik masyarakat miskin yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga merupakan program pemulihan ekonomi masyarakat.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, program ini diinisiasi oleh Dinperindag Purbalingga. Yakni dengan imembantu memugar warung milik warga kurang mampu dengan nilai sebesar Rp 17 juta.

"Kita benahi tempatnya, kita bantu rak-raknya sehingga lebih representatif, lebih estetik, termasuk manajemen keuangannya kita ajari. Sehingga warungnya lebih berkembang," kata Bupati saat launching program ini di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Senin, 10 Oktober 2022.

Diberitakan sebelumnya, satu lagi program terobosan akan diluncurkan oleh Pemkab Purbalingga. Kali ini, adalah program renovasi warung milik rumah tangga miskin yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Atlet Renang Purbalingga Raih Dua Medali Emas, Dua perak dan Satu Perunggu

Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga Johan Arifin mengatakan, melalui program ini, Pemkab akan merevitalisasi kondisi fisik dan perlengkapan usaha warung sembako yang dimiliki oleh rumah tangga miskin.

"Sehingga akan lebih layak usaha dan layak berkembang. Harapan selanjutnya akan meningkatkan omzet usaha serta pendapatan rumah tangga miskin tersebut," katanya kepada Radarmas, Senin, 10 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, penerima program merupakan rumah tangga miskin yang memiliki warung sebagai usaha rumah tangganya. "Warung menjual komoditas sembako, memiliki posisi strategis dan potensi berkembang, kondisi fisik dan sarana perdagangan kurang layak, serta diusulkan oleh pemerintah desa kepada Bupati melalui Dinperindag," jelasnya.

Dia menambahkan, selanjutnya Tim Dinperindag akan melakukan survei dan verifikasi lapangan. Sekaligus mengidentifikasi kebutuhan revitalisasi.

"Bantuk revitalisasi akan berbeda-beda tergantung kondisi eksistingnya," tambahnya.

Dia mengungkapkan, tahun ini melalui APBD Perubahan 2022 diprogramkan revitaliasasi atau dandan warung sebanyak delapan unit warung.

"Program yang diberinama Dandan Warung ini sebagai bentuk nyata komitmen Bupati Purbalingga untuk pemberdayaan usaha ekonomi rumah tangga. Sebagai bagian strategi percepatan pengentasan rumah tangga miskin," ungkapnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: