Wow, Bupati Purbalingga Borong 15 Lukisan di Pameran Lukisan Jenderal Gerilya

Wow, Bupati Purbalingga Borong 15 Lukisan di Pameran Lukisan Jenderal Gerilya

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan lukisan yang dibelinya dalam acara pameran lukisan Jenderal Gerilya.-Foto aditya Wisnu W / Radar Banyumas -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Aksi borong lukisan terjadi di pameran lukisan, Jenderal Gerilya di Bioskop Misbar Taman Kota Usman Janatin Purbalingga, Minggu, 9 Oktober 2022 malam. Sebanyak 15 lukisan karya pelukis Purbalingga yang dipamerkan ludes terjual pada penutupan pameran lukisan tersebut.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi membeli dua lukisan karya pelukis Purbalingga. Satu lukisan dibeli Wakil Bupati Purbalingga Sudono. Satu lukisan dibeli Ketua DPRD HR Bambang Irawan. Dua lukisan dibeli Direktur RSUD, satu lukisan dibeli Kepala Dindikbud Kabupaten Purbalingga. Serta delapan lukisan lainnya dibeli oleh sejumlah BUMD di Purbalingga.

Dua lukisan yang dibeli Bupati adalah lukisan Jenderal Soedirman usai dilantik bersama Pimpinan tertinggi Tentara Republik Indonesia (TRI) di Istana Kepresidenan Yogyakarta 28 Juni 1947, dilukis oleh Bambang Basuki pelukis dari Planjan, Desa Selabaya, Kalimanah.

Serta, lukisan Jenderal Soedirman tengah inspeksi pasukan di kompeks Candi Borobudur Mei 1947, dilukis oleh Tri Herwanto, pelukis dari Desa Sumingkir, Kecamatan Kutasari.

BACA JUGA:Terobosan di Purbalingga, Pemkab Renovasi 8 Warung Rumah Tangga Miskin Pada Tahun 2022

"Dengan membeli karya seni ini, kita membantu para perupa-perupa yang ada di Purbalingga dalam mengapresiasi hasil karyanya. Mudah mudahan mereka akan lebih semangat lagi dalam menelurkan hasil karyanya," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Bupati juga menyampaikan apresiasi karena ada berbagai manfaat yang diperoleh dalam pameran lukisan tersebjt. Yakni, ajang silaturahmi antar perupa Purbalingga. Sebagai, ajang memotivasi para perupa. Serta, mempopulerkan Jenderal Soedirman sebagai pahlawan nasional asal Purbalingga.

"Konsep kami mendekatkan seni rupa kepada masyarakat jadi penting. Kami menemukan pola itu, terutama anak SD sampai SMA tiap kecamatan bisa mengapresiasi," kata Ketua Umum Dewan Kesenian Purbalingga, Bowo Leksono.

BACA JUGA:Pelajar di Purbalingga Nekat Akhiri Hidup, Ini Alasannya

Sudah ada ribuan pelajar yang menyaksikan pameran ini. Menurutnya lukisan lukisan ini tidak sekadar karya seni rupa akan tetapi juga karya bermuatan sejarah yang penting bagi para pelajar.

Pameran ini berlangsung selama 6 hari secara roadshow di 4 titik. Mulai di Pendapa Kantor Kecamatan Bobotsaribpada 3 Oktober 2022, di Pendapa Kantor Kecamatan Kejobong tanggal 4 Oktober 2022, di Pendapa Kantor Kecamatan Bukateja pada tanggal 5 Oktober 2022, serta di Bioskop Misbar Purbalingga 7-9 Oktober 2022. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: