Terobosan di Purbalingga, Pemkab Renovasi 8 Warung Rumah Tangga Miskin Pada Tahun 2022

Terobosan di Purbalingga, Pemkab Renovasi 8 Warung Rumah Tangga Miskin Pada Tahun 2022

Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga Johan Arifin -Foto dok Radar Banyumas -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Satu lagi program terobosan akan diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Kali ini, adalah program renovasi warung milik rumah tangga miskin  yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga.

Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga Johan Arifin mengatakan, melalui program ini, Pemkab akan merevitalisasi kondisi fisik dan perlengkapan usaha warung sembako yang dimiliki oleh rumah tangga miskin.

"Sehingga akan lebih layak usaha dan layak berkembang. Harapan selanjutnya akan meningkatkan omzet usaha serta pendapatan rumah tangga miskin tersebut," katanya kepada Radarmas, Senin, 10 Oktober 2022 pagi.

BACA JUGA:Tanah Longsor Tutup Ruas Jalan di Dusun Limus Desa Karangbawang Purbalingga

Dia menjelaskan, penerima program merupakan rumah tangga miskin yang memiliki warung sebagai usaha rumah tangganya. "Warung menjual komoditas sembako, memiliki posisi strategis dan potensi berkembang, kondisi fisik dan sarana perdagangan kurang layak, serta diusulkan oleh pemeintah desa kepada Bupati melalui Dinperindag," jelasnya.

Dia menambahkan, selanjutnya Tim Dinperindag akan melakukan survei dan verifikasi lapangan. Sekaligus mengidentifikasi kebutuhan revitalisasi.

"Bantuk revitalisasi akan berbeda-beda tergantung kondisi eksistingnya," tambahnya.

BACA JUGA:Hujan Deras, Longsor Terjadi di Desa Karangbawang Purbalingga

Dia mengungkapkan, tahun ini melalui APBD Perubahan 2022 diprogramkan revitaliasasi atau dandan warung sebanyak delapan unit warung.

"Program yang diberinama Dandan Warung ini sebagai bentuk nyata komitmen Bupati Purbalingga untuk pemberdayaan usaha ekonomi rumah tangga. Sebagai bagian strategi percepatan pengentasan rumah tangga miskin," ungkapnya.

Rencananya, launching sebagai tanda dimulainya program ini dilakukan langsung oleh Bupati Purbalingga bersamaan demgan kegiatan roadshow UMKM di desa Bumi Sari Kecamatan Bojongsari pada hari Senin, 10 Oktober 2022 di Desa Bumisari Kecamatan Bojongsari.  Sedangkan, warung yang direnovasi adalah warung sembako, Kembar Berkah, milik Mono warga RT 9 RW 5 Desa Bumisari. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: