Imunisasi Pneumonia Dinkes Banyumas Sasar 3.850 Anak

Imunisasi Pneumonia Dinkes Banyumas Sasar 3.850 Anak

Setelah HPV, imunisasi PCV juga bakal menyusul berjalan di Banyumas.-Foto Yudha Iman P / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Pemkab Banyumas melalui Dinkes Banyumas bakal menggelar imunisasi Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada anak secara gratis untuk mencegah penyakit Pneumonia.

Sub Koordinator Seksi Survailans, Imunisasi dan Kejadian Luar Biasa (KLB) Dinkes Banyumas, Achmad Chairul Hamdi SKM MKM mengatakan Kemenkes menetapkan imunisasi PCV ke dalam program imunisasi rutin anak sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit radang paru (Pneumonia) pada anak yang diberikan tiga dosis pada saat bayi berusia 2, 3 dan 12 bulan.

Vaksin PCV masuk ke dalam program imunisasi rutin didasari pada Keputusan Menkes Nomor HK 02.02/Menkes/2534/2020 tentang pemberian imunisasi PCV.

BACA JUGA:Proses Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyumas Mandeg, Ketua DPRD : Mengalir Saja

"Imunisasi PCV bukan masuk BIAN tapi sebagai imunisasi rutin," katanya.

Hamdi menjelaskan sasaran imunisasi PCV di Banyumas sekitar 3.850 anak.

Pemkab Banyumas meskipun masih sibuk dengan vaksinasi Covid-19, vaksin rutin tetap dilakukan.

Vaksin PCV menjadi vaksin berikutnya yang akan dimasukkan ke dalam program imunisasi rutin oleh Kemenkes selain HPV yang imunisasinya terus berjalan di Banyumas.

BACA JUGA:Curi Cincin Dibui Satu Tahun

"Imunisasi HPV jalan terus. Di Banyumas, imunisasi PCV saat ini belum dimulai," terangnya.

Harapannya imunisasi PCV memberikan dampak pada anak agar terlindungi dari kejadian luar biasa (KLB) ataupun wabah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti Polio, Campak, Difteri dan Pneumonia.

"PCV akan memberikan perlindungan efektif untuk bayi dan anak-anak terhadap Pneumonia akibat bakteri Pneumokokus," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: