Tim Dosen Amikom Beri Pelatihan Aplikasi Canva Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD/TK

Tim Dosen Amikom Beri Pelatihan Aplikasi Canva Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD/TK

Berjalannya pelatihan aplikasi Canva oleh Tim Dosen Amikom diketuai Suliswaningsih MKom dengan anggota Gilang Miftakhul Fahmi dan Mohamad Syafri Nurrochim, Minggu (25/9).-Foto Yudha Iman P / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Bertempat di Kampus Ungu pada Minggu (25/9), Tim Dosen Amikom kali ini memberi pelatihan aplikasi Canva sebagai pengembangan media pembelajaran bagi peningkatan kompetensi guru PAUD/TK di Kecamatan Baturraden.

Ketua Tim Dosen, Suliswaningsih MKom mengatakan sebagian guru masih kesulitan melakukan inovasi pada media pembelajaran yang lebih menarik bagi anak didik. Salah satu langkah yang diambil dengan mengundang Tim Dosen Amikom selaku praktisi yang kompeten di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru dan tendik pada satuan pendidikan anak usia dini.

"Guru dikenalkan aplikasi Canva sebagai pendukung pembelajaran, cara menginstal dan mengoperasikan Canva, pembuatan presentasi online materi pelajaran, poster pembelajaran/infografis, e-book, twibbon sampai penggunaan fitur recording presentasi," katanya pada Radarmas, Rabu (28/9).

Dibantu anggota tim Gilang Miftakhul Fahmi dan Mohamad Syafri Nurrochim, Suliswaningsih menjelaskan pelatihan Canva berjalan menggunakan smartphone. Kegiatan pengabdian direkam dan diunggah ke platform YouTube sehingga peserta dapat sewaktu-waktu memutar kembali video pelatihan.

"Kegiatan juga dipublikasikan pada jurnal pengabdian dan koran sebagai dokumentasi pelaksanaan," terang dia.

Adapun tujuan dari pelaksanaan pengabdian kali ini untuk memberikan pelatihan pemanfaatan TIK yaitu aplikasi Canva guna peningkatkan kompetensi guru PAUD/TK dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

"Mengukur manfaat pengabdian, tim dosen melakukan evaluasi berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pengabdian," pungkasnya. (yda/rdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: