Dosen Amikom Sosialisasikan Pendampingan Anak di Era Digital Bagi Wali Murid TPQ Nurul Ikhsan

Dosen Amikom Sosialisasikan Pendampingan Anak di Era Digital Bagi Wali Murid TPQ Nurul Ikhsan

Berjalannya sosialisasi pendampingan anak di era digital bagi wali murid TPQ Nurul Ikhsan oleh Dosen Amikom Purwokerto, Ika Romadoni Yunita, SKom MMSI.-Ika untuk Radarmas-

PURWOKERTO - Pengabdian dosen melalui Amikom Mitra Masyarakat masuk ke semua lini di banyak wilayah Kabupaten Banyumas.

Kali ini bertempat di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Nurul Ikhsan Desa Sokawera Kecamatan Somagede pada Minggu (25/9), Tim Dosen Amikom diketuai Ika Romadoni Yunita, SKom MMSI dibantu anggota satu Aulia Shafira Tri Damayanti dan anggota dua Luthfi Khaerunnisa mensosialisasikan pendampingan anak di era digital bagi wali murid TPQ Nurul Ikhsan.

Ketua Pelaksana Pengabdian, Ika Romadoni Yunita, SKom MMSI mengatakan di masa pandemi, penggunaan teknologi informasi seperti gawai (gadget) pada anak tak dapat dihindari. Hampir sepenuhnya pembelajaran di sekolah berjalan secara daring (online) yang membuat anak semakin lekat dengan gadget atau gawainya. Dalam laporan We Are Social diketahui bahwa pengguna internet memiliki beberapa perangkat elektronik berbeda, seperti telepon genggam, smartphone maupun non-smartphone, laptop/PC, tablet, smartwatch, dan sebagainya. Dari berbagai jenis perangkat tersebut, telepon genggam menjadi perangkat yang paling digemari.

"Masalahnya belum semua orang tua memahami anaknya di era digital saat ini serta aturan yang tepat dalam penggunaan media digital. Hal itu dirasakan para orang tua wali murid TPQ Nurul Ikhsan. Perlu adanya pendampingan terhadap anak agar mereka menggunakan gadgetnya dengan bijak," katanya. 

Ika menjelaskan sosialisasi dilaksanakan dalam tiga sesi. Pertama pemaparan materi mengenai peran penting orang tua dalam pendampingan beserta dampak negatif dan positif penggunaan gadget, kedua materi pengetahuan tentang karakter anak dan aturan dalam penggunaan media digital dan ketiga berisi pemahaman atau contoh mengenai pendampingan anak dan adaptasi penggunaan media digital.

"Sosialisasi yang dilaksanakan menggunakan contoh dan penjelasan yang dibutuhkan orang tua wali murid dalam proses pendampingan anak," jelasnya.

Harapannya dengan terlaksananya pengabdian dari Tim Universitas Amikom Purwokerto di TPQ Nurul Ikhsan dapat  membantu mensosialisasikan jua sebagai bentuk penyuluhan pada masyarakat khususnya wali murid dan pengurus TPQ dalam mendampingi putra putrinya di era digital saat ini. Adapun hasil dari sosialisasi pendampingan anak di era digital bagi wali murid TPQ Nurul Ikhsan, peserta merasa kegiatan tersebut bermafaat dan orangtuanya lebih perhatian pada anaknya dalam penggunaan gadget juga menambah ilmu aplikasi parenting control. Kedepannya dari orangtua berkeinginan agar ada kegiatan serupa yang kembali dilaksanakan Tim Dosen Amikom.

"Langkah awal pendampingan bisa dimulai dari kesadaran wali murid akan pentingnya perannya juga pemahaman wali tentang karakter generasi digital natitive," pungkas Ika. (yda/rdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: