SD Di Banyumas Belum Punya Guru PLB

SD Di Banyumas  Belum Punya Guru PLB

Ilustrasi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas -Foto dok net -

PURWOKERTO - Dindik Banyumas melalui Seksi Kurikulum SD memastikan untuk di jenjang SD Banyumas belum memiliki Guru dengan latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB).

 

Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dindik Banyumas, M Robani MPd memastikan di Banyumas yang ada Guru Pendamping Khusus (GPK). GPK berbeda dengan Guru PLB karena sebatas mendapat pelatihan tentang pendidikan khusus yang ditugaskan di sekolah inklusif.

"Guru PLB SD belum punya. Tetapi untuk GPK kita ada. Sepengetahuan saya di SDN 1 Tanjung dan SDN 5 Arcawinangun ada beberapa," jelasnya.

Menurutnya yang perlu dicarikan solusinya yaitu bagaimana menambah GPK SD di Banyumas. Pasalnya sejak pandemi sampai saat ini pihaknya juga belum pernah mengadakan lagi pelatihan tentang pendidikan khusus atau luar biasa karena faktor anggaran. Di lapangan, jumlah guru GPK SD juga semakin berkurang.

"Seperti ada yang pindah sekolah atau diterima menjadi CPNS," ungkap Robani.

Adapun rencana bulan depan akan diadakan pelatihan inklusi khusus bagi kepala sekolah dan guru dari pusat di 172 SD wilayah Kabupaten Banyumas. Dirinya belum mengetahui pasti teknis pelaksanaannya apakah tatap muka atau daring.

"Insya Allah SD dengan banyak siswa ABK seperti SDN 5 Arcawinangun dan SDN 1 Tanjung masuk. Yang menentukan dari pusat," tutupnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: