Dindik Banyumas: Per Agustus, 127 Anak Belum Lanjut Pendidikan SMP

Dindik Banyumas: Per Agustus, 127 Anak Belum Lanjut Pendidikan SMP

Angka lulusan SD di Banyumas yang belum melanjutkan pendidikan ke SMP tahun ini turun.-Foto Yudha Iman/ Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Dua bulan ke belakang, Dindik Banyumas melalui Bidang Pembinaan SD juga melaksanakan pendataan terhadap anak yang belum melanjutkan pendidikan ke SMP. 

Sub Koordinator Pengendalian Mutu (Dalmut) Dindik Banyumas, Nangimatul Purwaningsih mengatakan data per Agustus jumlah lulusan SD yang belum melanjutkan pendidikan ke SMP sampai 127 anak.

"Tapi tidak di semua kecamatan. Ada beberapa kecamatan yang nihil," katanya ditemui Radarmas, Rabu (28/9).

Nangimatul menjelaskan anak yang belum melanjutkan pendidikan SMP terbanyak ada di Kecamatan Sumbang. Sementara dua kecamatan yang nihil yaitu Purwokerto Barat dan Kebasen. Terkait pendataan anak yang belum melanjutkan pendidikan ke SMP dilakukan lebih awal sebelum pendataan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

"Anak belum melanjutkan pendidikan dengan putus sekolah itu berbeda. Anak yang belum melanjutkan pendidikan dipastikan sudah lulus SD," terangnya.

Disinggung mengenai penyebab yang mendorong sebagian anak tidak segera melanjutkan pendidikan ke SMP, faktor yang mempengaruhinya banyak. Yang pernah dilaporkan sampai ada orangtua yang keberatan jika anaknya melanjutkan pendidikan karena bisa membantu bekerja. 

"Yang belum melanjutkan karena malas ada. Namun semua sudah tertangani di tingkat kecamatan," pungkas Nangimatul. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: