Pembersihan Material Longsor di Sungai Ente di Desa Kasegeran Menyesuaikan Cuaca

Pembersihan Material Longsor di Sungai Ente di Desa Kasegeran Menyesuaikan Cuaca

Kondisi longsoran di Desa Kasegeran Cilongok hingga menutup aliran Sungai Ente. Aliran sungai Ente ini berada di Rt 4 Rw 1 Desa Kasegeran yang tertutup longsor, Sabtu (24/9/2022). .-BPBD UNTUK RADARMAS -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Terkendala cuaca, pembersihan material longsor yang menutup aliran sungai Ente dengan panjang 25 meter dan kedalaman 15 meter di  Rt 4 Rw 1 Desa Kasegeran Kecamatan Cilongok yang terjadi pada Sabtu (24/9) lalu belum dapat dilakukan.

"Untuk menyingkirkan material longsoran, kita melihat kondisi, dan sementara akan dilakukan manual karena untuk alat berat masuknya susah," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyumas, Andi Risdianto, Selasa (27/9) 

Selain itu jika menggunakan alat berat, Andi mengatakan dikawatirkan menimbulkan getaran yang dapat memicu tanah amblas, apalagi dengan kondisi tanah yang labil. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan Puskesmas Kedungbanteng Capai 40 Persen

Sehingga penanganan akan dilakukan secara manual. 

"Rencananya besok kita akan melakukan kerja bakti, itupun kalau kondisi memungkinkan, jika sebelah utara hujan atau mendung itu akan kita pertimbangkan kembali," jelasnya. 

BACA JUGA:Penambahan Puskesmas Purwokerto Selatan Batal

Adapun untuk warga yang terdampak karena rumahnya terancam longsor akibat perisitiwa itu, Andi menerangkan, saat ini masih diungsikan di aula milik kepala Desa Kasegeran. 

BACA JUGA:Sudah Ada IKD, E-KTP Fisik Masih Bisa Digunakan

"Saat ini masih mengungsi ada yag di rumah sodara, dan ada juga di lokasi pengunsian yang kita rekomendasikan yaitu ke di aula milik pak kades," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: