Honda

4 Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang Di Karangtengah Cilongok, BPBD: BBPTU Janji Menanggungnya

4 Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang Di Karangtengah Cilongok, BPBD: BBPTU Janji Menanggungnya

Personil dari BPBD Banyumas saat meninjau embung milik BBPTU HPT di Bukit Manggala yang meluap dan menyebabkan banjir bandang merusak empat rumah milik warga di Desa Karangtengah Cilongok, Kamis (22/9/2022). -Foto BPBD Banyumas -

Radarbanyumas, Purwokerto- Banjir bandang yang kembali menerjang Desa Karangtengah Cilongok, pada Kamis (22/9) kemarin.

Selain mengakibatkan akses jalan dan talud tusak sepanjang 280 Meter, juga mengakibatkan empat rumah warga rusak. 

Budi Nugroho, Kepala BPBD Banyumas mengatakan, terdapat empat rumah warga di grumbul Menggala Desa Karangtengah yang rusak akibat banjir itu. 

BACA JUGA:Banjir Bandang Landa Desa Karangtengah Cilongok, Rendam Puluhan Rumah Warga

"Dainah rumahnya rusak parah, Herli dapurnya dan rusak kategori sedang, Takim talud penahan rumah 20 Meter rusak, Dalim warung rusak kategori sedang," katanya Jumat (23/9).

Budi juga melanjutkan, karena perisitwa itu Warto pemilik kolam ikan mengalami kerugian 20 Kg ikan, sementara warga atas nama Dasam juga mengalami kerugian material berupa pasir hanyut satu ciklon. 

Warga juga di grumbul itu saat ini mengalami krisis air bersih, pasalnya pipa air bersih sepanjang 200 meter juga rusak terdampak banjir bandang itu. 

BACA JUGA:Banjir Bandang Landa Desa Karangtengah Cilongok, Rendam Puluhan Rumah Warga

Adapun untuk tindak lanjut Budi menjelaskan, untuk kerusakan rumah dan sarana air minum akan ditanggung oleh Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT). 

"Kerusakan rumah dan sarana air minum akan ditanggung BBPTU. Termasuk juga hal teknis jangka pendek dan jangka panjang dalam hal ini BBPTU sedang melakukan upaya agar kejadian tidak berulang," pungkasnya. (win)

Sumber: