Honda

Banjir Bandang Landa Desa Karangtengah Cilongok, Rendam Puluhan Rumah Warga

Banjir Bandang Landa Desa Karangtengah Cilongok, Rendam Puluhan Rumah Warga

Banjir bandang merendam jalanan dan rumah warga di Karangtengah Cilongok. -Foto tangkapan layar Ahmad Erwin/Radar Banyumas -

Radarbanyumas, Purwokerto- Banjir bandang menerjang grumbul Menggala Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Kamis (22/9) sore ini. 

Selain menutup akses jalan, banjir itu juga merendam puluhan rumah warga. 

Budi Nugroho, Kepala Pelaksana BPBD Banyumas mengatakan, untuk penanganan pihaknya saat ini telah mengirim personil dan unit ranger ke lokasi kejadian. 

"BPBD sudah mengirimkan personil dengan unit Ranger ke lokasi. Informasi terakhir dari tim sekitar pukul 17.00 air sudah surut. Kami masih menunggu informasi lanjutan dari tim kami," katanya. 

Soal penyebab terjadinya banjir itu, lebih lanjut Budi menjelaskan, saat ini masih menunggu hasil laporan dari tim dan unit ranger yang ke lokasi. 

"Kami masih berusaha menghubungi tim namun belum ada jawaban. Sepertinya disana adalah area blankspot sehingga kami belum bisa berkomunikasi dengan tim," tambahnya. 

Adapun dugaan penyebab sementara, disinyalir masih ada hubungan dengan penyebab banjir yang merusak akses jalan ke Curug Cipendok, Rabu (21/9) kemarin. 

"Untuk kejadian kemarin, penyebabnya adalah BPTU Sapi melakukan pengurasan dan pendalaman bak tampung kotoran sapi dengan cara penyodetan (mengalirkan air ke saluran lain). Saat hujan terjadi, tiba - tiba debit air mengalami peningkatan masuk kedalam bak penampungan sehingga terjadi air keluar tidak terkontrol yang menyebabkan banjir bandang terjadi di wilayah tersebut. Kemungkinan untuk kejadian sore ini masih ada hubungannya dengan kejadian kemarin. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari tim," jelasnya. (win)

Sumber: