Honda

Optimalkan Penerapan SPBE, Dinkominfo Banyumas Gelar Rapat Koordinasi dan Verifikasi Data.

Optimalkan Penerapan SPBE, Dinkominfo Banyumas Gelar Rapat Koordinasi dan Verifikasi Data.

Yayah Setiyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi verifikasi penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE Pemkab Banyumas tahun 2022 di lantai enam Laboratorium FEB Unsoed, -Foto Ahmad Erwin/Radar Banyumas -

Radarbanyumas, Purwokerto- Untuk mempercepat dan mengoptimalkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Banyumas. 

Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten menggelar rapat koordinasi verifikasi penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE Pemkab Banyumas tahun 2022 di lantai enam Laboratorium FEB Unsoed, Kamis (22/9) hari ini. 

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas tengah gencar melakukan berbagai upaya dengan memanfaatkan tekonologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui layanan SPBE, dalam penyelenggaran pemerintahan.

Dihadiri oleh seluruh perwakilan OPD, Kecamatan dan RSUD di Banyumas, kegiatan rapat koordinasi itu merupakan kegiatan lanjutan percepatan penerapan SPBE di Banyumas yang telah dilakukan pada Senin (5/9) lalu. 

Yayah Setiyono, Kepala Dinkominfo Banyumas mengatakan, kegiatan itu merupakan kegiatan lanjutan untuk mempercepat dan mengoptimalkan penerapan SPBE di Banyumas. 

"Rapat yang dilaksanakan hari ini ialah rapat koordinasi dan verifikasi data penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE. Dalam hal ini bekerjasama dengan LPPM Unsoed, dan pertemuan ini merupakan pertemuan kedua kalinya dengan para OPD," katanya. 

Pada pertemuan pertama yang telah dilaksanakan pada Senin (5/9) merupakan sosialisasi dan persiapan. Untuk pertemuan kedua ini merupakan koordinasi dan verifikasi data. 

"Kalau pertemuan pertama sosialisasi dan persiapan, untuk pertemuan kedua ini adalah koordinasi verifikasi. Selain itu, tadi para peserta juga diberikan materi baik secara umum maupun secara teknis," tambahnya. 

Yayah juga menjelaskan, tata kelola pemerintahan berbasis elektronik di Banyumas, selain mendukung kebijakan Satu Data Indonesia. 

Juga untuk memudahkan pelayanan masyarakat, selain itu mengefisienkan kerja-kerja pemerintahan.

"Dampaknya karena sekarang sudah jaman Digital, IT, sehingga dengan tata kelola berbasis elektronik ini tentunya dapat mempermudah pelayanan masyarakat baik itu data, laporan, dan sebagainya itu harus lebih cepat," terangnya. 

Adapun untuk penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE Pemkab Banyumas tahun 2022, menurut Kepala Dinas akan jadi sebelum akhir tahun. 

"Untuk dokumennya ditargetkan sudah jadi sebelum akhir tahun, karena nanti diakhir tahun akan diranking Pemda mana yang SPEBnya paling bagus," pungkasnya. (win)

Sumber: