319 Pelaku E-Kraf Purbalingga, Didominasi Seni dan Pertunjukkan

319 Pelaku E-Kraf Purbalingga, Didominasi Seni dan Pertunjukkan

Pemaparan jumlah dan kondisi pelaku e-kraft di Purbalingga, di Aula Dinporapar Purbalingga.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - 319 orang pelaku Ekonomi Kreatif (E-Kraf) terdata di PURBALINGGA oleh Navigator Indonesia dari berbagai sub sektor ekonomi.

Sensus dilakukan sejak 25 Juli sampai 27 Agustus 2022, secara langsung terjun ke lapangan dan pengisian google form.

Ketua Navigator Indonesia, Baret Hardiyanto menjelaskan dari hasil pendataan, terdapat 11 subsektor e-kraf yakni aplikasi, arstitektur, desain produk, fotografi, musik, kuliner, kriya, fashion, film, animasi, video, seni pertunjukan dan seni rupa.

BACA JUGA:Pembagian STB Gratis untuk Masyarakat Miskin di Purbalingga Belum Jelas

Subsektor yang belum ada seperti desain komunikasi visual, permainan interaktif televisi dan radio, periklanan dan penerbitan.

“ Pelaku e-Kraf di Purbalingga didominasi subsektor seni dan pertunjukan sebesar 30,4 persen  dan subsektor fashion sebesar 26 persen,” ujarnya, Jumat 16 September 2022.

Pihaknya berharap dengan hasil pendataan ini masih memungkinkan untuk update data.

BACA JUGA:Rintis Pasar Tertib Ukur (PTU), 5 Pasar di Purbalingga Belum Tera Ulang, Ini Alasannya

Selain itu, data yang ada bisa digunakan untuk pijakan membuat Komite eKraf dan acuan pengembangan e-Kraf kedepan.

Sementara, Kepala Dinporapar Purbalingga, Prayitno mengatakan akan menindaklanjuti data itu. Beberapa pelaku e-kraf lainnya akan disinergikan.

Misalnya terkait videografi bisa  bersinergi dengan fashion atau bersinergi dengan artis musik untuk pengembangan lainnya.

BACA JUGA:Pengakuan Robik Warga Desa Sidamulih Rawalo Datangi Dinsos Banyumas: Tetangga Punya 2 Mobil Dapat BLT BBM

“Para pelaku e-Kraf bisa meningkatkan kreatifitasnya sehingga dapat mampu mendapatkan nilai tambah dan bisa mendongkrak ekonomi para pelaku e-Kraf,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: