BBM Naik, Warga Kebumen Bakal Terima BLT Rp 600 Ribu, Ini Kata Bupati Arif

BBM Naik, Warga Kebumen Bakal Terima BLT Rp 600 Ribu, Ini Kata Bupati Arif

Bupati Kebumen Arif -Foto Kebumen Ekspres -

KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen pada minggu ini akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat, sebagai bentuk kompensasi dari kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, distribusi BLT BBM diberikan per dua bulan sekali. Yakni mulai September hingga Desember.

Dikatakan, untuk bulan September-Oktober dibagikan pada September sebesar Rp300 ribu. November-Desember dibagikan pada November sebesar Rp300 ribu.

BACA JUGA:Tiga Sampai Empat Bulan Kosong, Kepala Dua MA Negeri Diisi Dari Kebumen

"Ini bantuan dari pemerintah pusat selama empat bulan. Yang dibagikan per dua bulan sekali, dari September sampai Desember. Per bulannya dihitung Rp150 ribu. Jadi total bantuan BLT BBM dari pusat sebesar Rp600 ribu," ujar Bupati di Ruang Rapat Arungbinang, Kompleks Pendopo Kabumian, Selasa (6/9).

Tidak hanya itu, pemerintah pusat juga akan membagikan bantuan sembako dalam bentuk uang, dan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang dibagikan untuk masyarakat dalam waktu dekat. 

BACA JUGA:Tolak BBM Naik, Pengemudi Ojol Purbalingga Demo di Purwokerto

"Untuk jumlah penerimanya kita sesuaikan dengan data pusat, yang jelas ada ratusan ribu," terang Bupati.

Bupati menyatakan, bantuan bukan hanya dari pemerintah pusat, tapi juga dari pemerintah daerah. "Pemerintah kabupaten juga akan memberikan langkah bantuan yang dipotong dari dana infranstruktur. Dimana sebelumnya untuk pembuatan jalan, irigasi, kita potong untuk penguatan ekonomi masyarakat," terangnya.

Anggaran dari pemerintah daerah yang disiapkan sebesar Rp6 miliar lebih. Bupati menyebut jumlah itu di antaranya akan diperuntukan untuk transportasi, padat karya, pembukaan lapangan kerja dan operasi pasar.  Bantuan dari daerah akan dipusatkan di wilayah kantong kemiskinan ekstrem yang ada di lima kecamatan.

BACA JUGA:Mobil Pertamina Seruduk Truk dan Gerbang Rumah Warga di Maos

"Kalau bantuan daerah kita fokuskan di wilayah kecamatan ekstrem yakni di Sempor, Karangsambung, Karanggayam, Sadang dan Alian. Insya Allah mulai bergerak pada Oktober, November sampai Desember. Kalau bantuan dari pemerintah pusat itu untuk semua," ucap Bupati.

Bupati menambakan, dalam waktu dekat pemerintah juga akan melakukan operasi pasar untuk mengetahui langsung stok kebutuhan pangan masyarakat dan lonjakan harganya imbas dari kenaikan BBM. 

BACA JUGA:Di film Sri Asih, Pevita Pearce Setahun Lebih Berlatih Koreo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: