185 Madrasah Banyumas Sudah Laksanakan AKMI

185 Madrasah Banyumas Sudah Laksanakan AKMI

Sosialisasi AKMI tahun 2022 secara online menggunakan zoom meeting di Banyumas yang diselenggarakan Kemenag Selasa ini Selasa 30 Agustus 2022.-Foto Yudha Iman P / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Jumlah total madrasah yang sudah melaksanakan AKMI di Banyumas untuk tahun 2021 sebanyak 110 MI dan tahun 2022 ada 72 MI Negeri dan swasta, dua MTs Negeri dan satu MA Negeri dengan peserta dari siswa kelas V, VIII dan IX.

"Yang membedakan AKMI dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), untuk AKMI pesertanya seluruh siswa kelas V, VIII, IX," terang Koordinator Tim Help Desk KanKemenag Kabupaten Banyumas, Patiman.

Perbedaan lainnya, secara materi AKMI lebih luas karena uji literasi yang lebih banyak. Di AKMI ada literasi membaca, sosial budaya dan sains. Sementara ANBK dari membaca dan numerasi. Setelah sosialisasi, rangkaian AKMI 2022 berlanjut ke simulasi. Untuk pelaksanaan AKMI di Banyumas dijadwalkan pada 26 September 2022.

"Hasil dari AKMI seperti rapot bagi madrasah terkait capaian kompetisi. AKMI diselenggarakan bertahap. Untuk MTs dan MA yang belum menunggu. Kemungkinan tahun depan," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: