Minimlaisir Impor Daging Sapi di Banyumas dengan IB

Minimlaisir Impor Daging Sapi di Banyumas dengan IB

ILUSTRASI SUNTIK : Petugas vaksinator menyuntikkan vaksin PMK pada ternak sapi.-Foto Darno/Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Pemkab Banyumas melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dikannak) Kabupaten Banyumas, adakan program suntik inseminasi buatan (IB) untuk Sapi Kerbau Komoditas Andalan (Sikomandan). Bertujuan meningkatkan perkembangbiakan sapi maupun kerbau. Dengan begitu diharapkan bisa meminimalisir impor daging sapi.

Untuk tahun ini, petugas memperketat pantauan pada sapi, karena adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Dalam sehari kunjungi dua sampai tiga kandang.

"Petugas menjaga kebersihan kandang serta diri sendiri," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dikannak Kabupaten Banyumas, Jan Arijadi.

Jan menuturkan, petugas dari kandang satu ke lain dipastikan bersih pakaian dan sepatu yang dikenakan. Untuk mencegah penularan penyakit pada hewan di kandang lainnya.

"Seperti mencegah penularan covid-19, kalau masuk rumah harus dalam keadaan bersih, agar tidak bawa virus dari luar," tuturnya.

Jika ditemukan hewan yang memilki gejala PMK, akan ditempatkan di kandang berbeda. Dilakukan  isolasi dari hewan lain yang sehat. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: