Meriahnya Karnaval Kelurahan Pasir Kidul Obati Kerinduan Warga

Meriahnya Karnaval Kelurahan Pasir Kidul Obati Kerinduan Warga

Salah satu peserta karnaval di Kelurahan Pasir Kidul, dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Setelah dua tahun vakum karena pandemi covid-19, tahun ini Kelurahan Pasir Kidul kembali mengadakan karnaval. Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu (17/8), merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-77.

Untuk start di Lapangan Pasir Kidul dan finish di Terminal Karanglewas. Diikuti lebih dari 10 ribu peserta. Disaksikan Kapolsek Purwokerto Barat, Kepala Danramil, dan Camat Purwokerto Barat di panggung kehormatan.

"Melibatkan SD, MI, SMP, Mts, SMK, dan warga yang diikuti setiap RW di Kelurahan Pasir Kidul," ujar Lurah Pasir Kidul, Umroh Mulyaningrum, S Sos, MM (Ningrum).

Tema yang diusung pada karnaval kali ini yaitu Pahlawan Nasional. Masing-masing peserta menampilkan unsur pahlawan nasional. Selebihnya bisa dilengkapi dengan kreasi masing-masing kelompok peserta.

Ningrum mengatakan, pada karnaval ini, dilombakan untuk kelompok RW. Dipilih juara 1, 2, dan 3 mendapat uang pembinaan dan tropi. Ada juga juara 1, 2, 3, dan 4 yang mendapat uang pembinaan.

"Kami pilih lomba untuk RW, semisal satu RW kirim 16 kelompok, yang kami pilih jadi juara itu RW," katanya.

Dia menuturkan, adanya karnaval ini seolah mengobati kerinduan warga akan hiburan. Terlihat dari antusias warga yang menonton karnaval, dari anak-anak sampai dewasa. Memenuhi sepanjang rute karnaval. Dan jadi satu-satunya kelurahan di Purwokerto Barat yang mengadakan karnaval.

"Rutenya lewat Pasir Wetan dan Pasir Lor, penontonnya juga banyak dari kelurahan itu," tuturnya.

Puncak acara rangkaian HUT RI ke-77 di Kelurahan Pasir Kidul, diselenggarakan Minggu (28/8) mendatang. Akan dilaksanakan jalan sehat di Lapangan Pasir Kidul. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang disediakan sangat menarik. Ada kulkas, mesin cuci, sepeda, dan masih banyak lagi.

"Semua murni donasi dari warga," pungkas Ningrum. (rdr/ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: