Rayakan HUT Ke-6, Java Heritage Adakan Food Plating Competition

Rayakan HUT Ke-6, Java Heritage Adakan Food Plating Competition

Peserta Food Plating Competition menata makanan di piring, di Hastinapura Convention Hall Java Heritage Hotel Purwokerto, Minggu (14/8).-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Java Heritage Hotel Purwokerto menginjak usia ke-6 tahun ini. Hari jadinya yang diperingati setiap 1 Agustus, kerap diwarnai berbagai kegiatan.

Tahun Ini ada Food Plating Competition yang diselenggarakan di Hastinapura Convention Hall Java Heritage Hotel Purwokerto, Minggu (14/8). Diikuti lebih dari 75 kelompok peserta. Masing-masing kelompok terdiri dari dua orang. Berlaku untuk masyarakat umum, kelompok PKK, dan siswa SMK.

Assistant Marketing Manager Java Heritage Hotel Purwokerto, Resya Intan mengatakan, kompetisi ini baru pertama kali diadakan. Dan bagi sebagian orang, food plating masih terdengar asing.

"Kalau di perhotelan istilah itu sudah biasa didengar, yaitu teknik penyajian makanan," katanya.

Berbeda dengan lomba masak. Pada food plating competition, peserta membawa makanan matang, kemudian dihias di lokasi lomba. Untuk piring dan alat makan disediakan dari Java Heritage.

Resya menuturkan, ada tema atau konsep yang ditetapkan. Karena bertepatan dengan HUT Java Heritage, pada food plating diterapkan angka enam dan tulisan Jahe.

"Makanan bebas dari peserta, tapi menyajikan makanan utama," tuturnya.

Dia mengharapkan adanya kompetisi ini, Java Heritage memberi lahan untuk edukasi pada masyarakat, terkait istilah-istilah di perhotelan. Dan bisa dijadikan serapan ilmu baru.

Sementara itu, kriteria peserta Food Plating Competition meliputi kesesuaian dengan tema, garnis atau dekorasi makanan fungsional, ornamen, rasa, dan kesesuaian alat saji.

Dipilih enam pemenang, yaitu juara 1, 2, dan 3 serta harapan 1, 2, dan 3. Juara 1 mendapat Rp 3 juta, juara 2 dapat Rp 1,5 juta, dan juara 3 dapat Rp 1 juta. Sedangkan juara harapan mendapat uang pembinaan.

Untuk juri yang menilai pun berkompeten di bidangnya. Ada Executive Chef Java Heritage Hotel Purwokerto, Warso, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Banyumas, Irianto dan perwakilan Indonesia Chef Association (ICA) Jawa Tengah, Chef Hendro. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: