Honda

Kenalkan Warisan Budaya, Cilacap 44 Pusaka Dipamerkan

Kenalkan Warisan Budaya, Cilacap 44 Pusaka Dipamerkan

Mengamati, Sekda Cilacap Awaluddin Muuri (kanan) mengamati koleksi tosan aji yang berasal dari abad pertengahan, Sabtu (06/8/2022).-JULIUS/RADARMAS-

RADARBANYUMAS, CILACAP -  Sebanyak 44 pusaka dipamerkan dalam gelaran Jelajah Budaya dan Pameran Kepurbakalaan Tahun 2022 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Sabtu (06/8/2022).

24 pusaka milik ISI Surakarta dan 20 pusaka dari koleksi paguyuban Tosan Aji.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, hal tersebut sebagai langkah untuk mengenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:Ngeri, Perempuan Paruh Baya di Cilacap Dibunuh Secara Sadis

"Ke depan semoga kita punya museum yang dikelola oleh Pemkab, nanti peninggalan budaya kita lestarikan disitu, kan nanti jadi wisata baru di Cilacap," Ujar Awaluddin.

Menurutnya gagasan tersebut akan dibahas dengan OPD terkait,jadi Cilacap akan memiliki wisata budaya untuk menambah PAD.

"Saya punya gambaran,kantor Dinas Pariwisata kan termasuk peninggalan sejarah kita gunakan itu, nanti Dinas nya nyari gedung baru," tambah Sekda.

BACA JUGA:Tertidur Saat Masak Air, Bengkel di Cilacap Terbakar

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Sukarno Sugiharto menambahkan kegiatan tersebut untuk mengenalkan potensi budaya lokal Cilacap sekaligus promosi budaya Cilacap.

"Yang jelas untuk melestarikan kebudayaan tradisional, keris kan memiliki nilai-nilai budaya luhur," jelasnya.

Menurutnya, para generasi muda saat ini harus mengenal budaya dan tradisi agar menguatkan asas tunggal Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

BACA JUGA:Relokasi Pasar Kutasari Purbalingga Urung Dilakukan, Ini Kata Dinperindag

Serta memahami sepenuhnya jelajah budaya.

“Kita minta generasi muda untuk mengetahui peninggalan leluhur untuk dilestarikan," tambahnya.

Sumber: