Loyalitas Komunitas, Bonus Buat Nasmoco
Perwakilan Komunitas pengguna Toyota yang tergabung dalam wadah Nasmoco Club foto bersama Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy ( tengah jas biru ) saat mengunjungi booth Toyota dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD Tangerang, Jumat siang (19/7). Semarang - Nasmoco Group selaku perusahaan otomotif terbesar di Jawa Tengah dan DIY terus berusaha menjalin komunikasi sebaik mungkin kepada konsumennya. Bagi Nasmoco Group, hanya dengan komunikasi yang baik, loyalitas konsumen akan didapatkan. Customer Relation Section Head Nasmoco Group - Riski Permana mengatakan, " Loyalitas yang kami dapatkan dari konsumen merupakan hal yang lebih sulit, dibanding mendapatkan kepuasan konsumen. Dalam mempertahankan loyalitas yang sudah kami dapatkan, kami akan melakukan komunikasi yang intens dan menggelar kegiatan bersama konsumen dalam wadah sebuah komunitas. Seperti yang kami lakukan saat ini salah satunya, Nasmoco mengundang 21 anggota yang menjadi perwakilan komunitas dibawah Nasmoco Club. Mereka kami undang untuk melihat dan mengunjungi booth Toyota dalam GIIAS 2019. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada anggota komunitas atas dukungan yang telah diberikan selama ini," kata Riski kepada mitra media akhir pekan lalu. Riski menambahkan, manfaat dari komunitas banyak sekali, salah satunya adalah sebagai ambassador. " Anggota komunitas Toyota kami anggap sebagai ambassador, karena mereka adalah konsumen tetap dan juga loyal pada produk Toyota. Selain itu, dengan adanya kedekatan yang sudah terjalin dengan Nasmoco selama ini, konsumen yang tergabung komunitas memiliki akses lebih mudah dalam memberikan kesan, kritik, ataupun saran saat melakukan uji kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Toyota", tambah Riski. Selama ini, Nasmoco rutin menggelar berbagai kegiatan bersama komunitas. Kegiatan bersama yang digelar cukup efektif, dikarenakan adanya proses pertukaran informasi yang lebih cepat. Kegiatan bersama juga akan membuat anggota komunitas menjadi kompak dan loyal, sehingga akan membuat citra positif kepada produk Toyota. "Karena sikap positif anggota komunitas Toyota yang kami bina selama ini, citra positif mobil Toyota kepada masyarakat Jawa Tengah dan DIY pasti terbentuk. Sebagai apresiasi kami kepada keloyalan komunitas tersebut, Nasmoco memberikan kemudahan dalam pembelian produk baru dengan diskon spesial, kemudahan dalam booking service, pembelian spare part, dan kemudahan - kemudahan lainnya, ", jelas. Hingga saat ini, Nasmoco Group sudah memiliki 37 komunitas yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY, dengan 1.110 anggota aktif. Komunitas Toyota yang berada dibawah Nasmoco Club beberapa diantaranya seperti STAR Club, Society, Velozity, Toyota Innova Community, Toyota Yaris Owner, Toyota Agya Club, Toyota Fortuner Community, dan TERUCI. " Semarang Toyota Avanza Owner Club (STAR Club) dan Semarang Yaris Owner Group (SYOG) merupakan komunitas Toyota paling senior di Jawa Tengah dan DIY, sedangkan Toyota Agya Ungaran Community (TAU.Co) dan Community Innova Ungaran ( CIU ) menjadi komunitas Toyota yang termuda. Toyota Agya Ungaran Community terbentuk pada 13 Juli 2019 dan Community Innova Ungaran (CIU) pada 17 Juni 2019", terang Riski. Selama ini Nasmoco Club dan komunitasnya memiliki berbagai kegiatan bersama yang sudah menjadi agenda tetap, seperti kegiatan touring bersama keluarga, bhakti sosial, dan kampanye safety driving. Anggo Nugroho selaku ketua Semarang Toyota Avanza Owner (STAR Club) memberikan apresiasi yang tinggi kepada Nasmoco atas perhatian dan support yang diberikan selama ini. "Sebagai konsumen Toyota yang tergabung dalam komunitas, kami merasa mendapat tempat terbaik dari Nasmoco. Segala perhatian dan dukungan kegiatan kami juga mendapatkan support penuh, belum lagi berbagai keuntungan lainnya, mulai dari pembelian produk baru, pembelian spare part, dan saat service. Karena itulah, kami juga harus memberikan citra positif untuk Nasmoco kepada keluarga, sahabat, dan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Semua yang kami lakukan merupakan bentuk loyalitas kami atas perhatian yang diberikan Nasmoco kepada kami selama ini", tambah Anggo di tempat yang sama. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: