Layanan Data Berlipat, SMS Turun
MALANG – Operator telekomunikasi bersiap mengantisipasi lonjakan traffic menjelang Lebaran. Peningkatan tertinggi dialami layanan data dengan lonjakan 80–100 persen. Head of Sales East Java Indosat Ooredoo Soejanto Prasetyo menyatakan, lonjakan layanan data tahun ini diprediksi meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, lonjakan traffic suara diperkirakan hanya 12 persen. ’’Sebaliknya, traffic layanan pesan singkat (SMS) menurun 12 persen karena tren penggunaan media sosial,” ucapnya. Ada 10 juta pelanggan harian Indosat Ooredoo di Jatim saat ini. Di momen lebaran, jumlahnya diperkirakan meningkat menjadi 12 juta orang. Layanan komunikasi bergerak seperti gelombang dari Jabodetabek dan berakhir di Jatim. ’’Jatim mengalami lonjakan paling tinggi,’’ terangnya. Indosat Ooredoo pun meningkatkan kapasitas jaringan traffic menjadi 4 miliar SMS per hari. Angka tersebut meningkat 2 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu, kapasitas suara ditingkatkan menjadi 39 juta erlang per hari. Kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6.389 terabyte per hari dengan peningkatan 80 persen bila dibanding dengan hari biasa. ’’Saat Lebaran lonjakan tertinggi justru terjadi di kawasan residensial,’’ ujarnya. Tetapi, di H-7 sampai H-1, lonjakan traffic layanan telekomunikasi terjadi di pusat perbelanjaan. Sementara itu, lonjakan traffic layanan telekomunikasi di kawasan wisata terjadi pada H+1 Lebaran. ’’Lonjakan permintaan layanan juga akan terjadi di kota-kota sekunder,’’ lanjutnya. Di Jakarta, layanan telekomunikasi saat Lebaran justru menurun 20 persen. Indosat Ooredoo terus memantau kualitas jaringan melalui network operation center (INOC) sebagai command center. (vir/c5/noe)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: