Pentingnya Fokus Pada Pelanggan Bagi Perusahaan

Pentingnya Fokus Pada Pelanggan Bagi Perusahaan

Oleh Allysa Malika Balqis Saat ini dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif fokus pelanggan sangat penting karena persaingan untuk menarik pelanggan yang loyal meningkat sangat tajam. Fokus pada pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan tertentu maupun produsen tertentu dalam membangun bisnisnya. Hal ini adalah suatu yang perlu diketahui oleh setiap produsen dalam membangun nilai produksi yang berkualitas dan pelayanan yang maksimal untuk kemajuan bisnis menyeluruh. Lalu apa si yang disebut dengan fokus pelanggan dan bagaimana caranya untuk meningkatkan fokus pelanggan. Fokus pelanggan sendiri ialah sebuah orientasi yang ditunjukan kepada pelanggan dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan pelayanan itu terdiri dari berbagai langkah yang harus dijalankan sesuai dengan SOP yang ada. Dengan begitu nantinya perusahaan/produsen akan tau apa yang dibutuhkan oleh pelanggan/konsumen dan kebutuhan itulah yang akan menjadi fokus dan perhatian untuk menentukan kebijakan perusahaan untuk selanjutnya dikembangkan dengan maksimal. Cara untuk membentuk fokus pelanggan itu sendiri yaitu dengan menempatkan karyawan untuk berhubungan dengan pelanggan dan memberdayakan mereka untuk mengambil tindakan yang diperlukan dalam rangka memuaskan para pelanggan. Jadi unsur yang paling penting dalam pembentukan fokus pelanggan adalah interaksi antara karyawan dan pelanggan. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan fokus pelanggan?. Ada beberapa cara, yang pertama yaitu berfokus pada keinginan dan harapan pelanggan contohnya seperti memberikan harga yang sesuai pada kondisi pasar dan memberikan kualitas yang baik, dengan begitu pelanggan akan percaya dengan produk yang diberikan oleh perusahaan. Kedua yaitu dengan saling bersinergi antara karyawan dan pelanggan karena saat hubungan terjalin dengan baik dan semestinya, maka pelanggan akan memberikan penghargaan terhadap perusahaan. Ketiga berikan jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang diberikan, sehingga pelanggan percaya dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan dan akan menjadi pelanggan setia perusahaan. Keempat gunakan berbagai cara agar konsumen lebih mudah terhubung dengan bisnis, hal itu merupakan langkah agar perusahaan dapat lebih efektif dalam memberikan informasi terhadap pelanggan. Jika penerapannya tepat maka timbal balik antar perusahaan dan konsumen akan lebih efektif. Contohnya adalah menyediakan call center, email, whatsapp, dll. Dan yang terakhir yaitu menggunakan kritik dan saran pelanggan sebagai acuan dalam sebuah bisnis dan alangkah baiknya sebagai pengelola/pemilik bisnis harus mengelola kritik serta saran tersebut sebagai dasar untuk pengembangan perusahaan. Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan lebih semakin maju dan lebih tahu mengenai kekurangan produk atau layanan dan apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan, karena semakin perusahaan mengetahui dengan baik para pelanggannya, maka perusahaan berkesempatan untuk dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan secara lebih baik pula. Maka dapat disimpulkan bahwa fokus pelanggan memang menjadi langkah yang efektif dalam memberikan pelayanan extra terhadap konsumen. Untuk itu langkah yang diterapkan haruslah tepat sasaran, jangan sampai memberikan pelayanan lebih namun tidak memperhatikan kapasitas perusahaan. Jika semua berjalan dengan benar maka bisnis yang berjalan akan lebih efektif. (*) *) Penulis : Nama : Allysa Malika Balqis NIM : C1B019085 Jurusan : Manajemen Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Unsoed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: