TKA Asal Cina di PLTU Karangkandri Cilacap Didata Ulang, Tiga Diantaranya Berasal Dari Wuhan

TKA Asal Cina di PLTU Karangkandri Cilacap Didata Ulang, Tiga Diantaranya Berasal Dari Wuhan

Pendataan TKA Cina di PLTU CilacapPendataan Tenaga Kerja Asing (TKA) Cina di PLTU Karangkandri.

CILACAP - Terpisah, sebanyak 27 warga negara asing Cina yang merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) PLTU Karangkandri Kecamatan Kesugihan dan anggota keluarganya, dilaporkan memasuki Cilacap dalam kurun dua hari, pada Sabtu (18/1) dan Rabu (22/1).

Dari 27 orang, 9 orang TKA PLTU, dan sisanya adalah anggota keluarga TKA. Dari 27 WNA, 3 diantaranya berasal dari kota Wuhan. Sedangkan 24 sisanya masih dalam pendataan.

Jumlah tersebut diketahui setelah tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dibantu Puskesmas Kesugihan II, dan didampingi Polres Cilacap melakukan pendataan ulang TKA PLTU yang sudah melakukan perjalanan ke Cina.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, pendataan dilakukan untuk menindaklanjuti hasil Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap LS (29) putri dari TKA Cina, yang statusnya saat ini di bawah pengawasan atau observasi, dan diduga terinfeksi virus corona.

"Dari hasil pendataan, TKA dan anggota keluarga yang datang ke Cilacap tanggal 18 Januari 2020 dan 22 Januari sebanyak 27 orang. Semuanya sehat, tidak ada yang menunjukan gejala penyakit apapun," ujarnya.

Baca juga : Kronologi 2 Pasien yang Dirujuk ke RSUD Margono, Karena Diduga Terinfeksi Virus Corona

Terhadap 27 orang TKA dan anggota keluarganya, Dinkes melakukan pemantauan intensif minimal 14 hari sejak mereka datang ke Cilacap. Karena 14 hari adalah masa inkubasi virus corona. 

"Bila selama 14 hari tidak ada gejala apa-apa berarti aman. Tidak terinfeksi virus corona," imbuhnya yang didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kuswantoro.

Hasil koordinasi dengan pihak PLTU, Pemkab Cilacap melalui Dinkes meminta kepada TKA PLTU yang masih cuti tidak boleh kembali ke Cilacap sampai virus corona mereda.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap Barlian Gunawan mengatakan, dari hasil pendataan, ada sebanyak 349 TKA Cina di Cilacap yang mayoritas merupakan TKA PLTU Karangkandri.

Baca juga : Demam, Batuk, dan Pilek, Anak TKA PLTU Karangkandri Diisolasi

Pihaknya saat ini akan fokus untuk mendata lagi TKA atau WNA Cina yang tinggal di Cilacap. Karena ada sejumlah TKA yang masih memiliki izin tinggal sedang cuti pulang ke Cina.

"Kami akan koordinasi dengan pihak PLTU, agar TKA dari Cina yang akurat," ucapnya. (nas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: