UMP Bersama UTM Gelar Kolokium di Johor Bahru

UMP Bersama UTM Gelar Kolokium di Johor Bahru

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) menggelar kolokium bersama di Johor Bahru, Senin (17/2/2020). Kolokium mengungkap penelitian yang dilaksanakan mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar (Pendas) dan Magister Manajemen (MM) Program Pascasarjana UMP serta mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UTM. Ketua Prodi Magister Pendas UMP Dr. Ana Andriani, M.Pd. mengungkapkan, kolokium yang dilaksanakan merupakan salah satu tindak lanjut kerja sama antara UMP dengan UTM yang selama ini dijalin dua universitas. Sebanyak 17 mahasiswa Pendas dan 8 mahasiswa Magister Manajemen. Jalannya kolokium dipimpin Dr. Aminabibi BTE Saidalvi dari Language Academy, Faculty of Social Scienses and Humanities, UTM. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UTM Prof. Dr. Zaidatun Bt Tasir mengaku sangat bahagia bisa melakukan kerja sama akademik di antara dua perguruan tinggi dari dua negara bersahabat. Meskipun kerap diterpa isu politik di antara dua negara, Prof. Zaida memilih untuk lebih banyak melakukan kerja sama, baik dalam kolokium, pertukaran mahasiswa, bahkan penelitian bersama. Bahkan ia mengajak UMP untuk ikut bergabung bersama UTM melakukan kerja sama ilmiah dengan Jepang melakukan penelitian berbagai persoalan penting bidang sosial maupun humaniora. Dalam kolokium yang diselenggarakan di Kampus UTM Johobahru tersebut, mahasiswa Prodi Magister Pendas menyampaikan 17 makalah. Wahyu Wijayanti, S.Pd. menyampaikan makalah berjudul, “Membangun Karakter Disiplin Siswa Dengan Memotivasi Orang Tua”; Siti Puji Yunianti, S.E. memaparkan makalah berjudul, “Memperkuat Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS; Dwi Kurnia Murdiasih memaparkan makalah berjudul, “Whatsaapp sebagai Media Komunikasi Guru-Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Mandiri dan Jujur pada Siswa Sekolah Dasar”; dan Yuli Setioningrum, S.Si. menyajikan makalah, “Pembelajaran IPS Berbasis ICT di Indonesia, Trend Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0.” Sementara Yuliati Puji Utami, S.Pd. memaparkan makalah berjudul, “Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Literasi Media dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0; Miskun, S.Pd.SD. menjelaskan makalah berjudul, “Membangun Budaya Karakter di Sekolah Dasar”; Sri Hidayati, S.Pd.SD menyampaikan makalah berjudul, “Melestarikan Bahasa Jawa Dialek Banyumasan melalui Pembelajaran Muatan Lokal bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas”; Mei Purwanti, S.Pd. menyampaikan makalah, “Media Animasi Sebagai Pengembangan Media IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar; Sedangkan Emi Harjati, S.Pd.SD memaparkan makalah berjudul, “Implementasi Budaya Sekolah untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter di SDN 1 Mersi Korwilcam Dindik Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas”; Ana Wahyuningsih, S.Pd.SD menyampaikan makalah, “Penanaman Karakter Gotong Royong Anak Usia Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor; Umi Nurjanah, S.Pd menyampaikan makalah berjudul, “Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal (Mulok) Budaya Banyumasan di Sekolah Dasar Kelas III Korwilcam Dindik Kalibagor”; Nyi Mulyanah, S.Pd.SD menyampaikan makalah, “Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bersertifikat Pendidik dalam Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab”; Dan Sukirman, S.Pd. menyampaikan makalah berjudul, “Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bersertifikat Pendidik dalam Berinovasi Secara Mandiri.” Dalam kesempatan yang sama, Tri Suelfi, S.Pd.SD menyampaikan makalah berjudul, “Peranan Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di SD Negeri Karangreja Tahun Pelajaran 2019/2020”, Sementara Suparni, S.Pd.I. mengungkapkan makalah berjudul, “Peran Guru dalam Penggunaan Aplikasi Q-R Code dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Kecamatan Wangon”; Sedangkan Heni Mei Deviyani, S.Pd.SD menjelaskan makalah berjudul, “Implemantasi Nilai Karakter pada Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural Guna Menumbuhkan Sikap Toleransi Beragama dan Toleransi Rasial (Perspektif Islam) Pada Siswa Kelas Tinggi di SD Ajibarang Wetan Kec. Ajibarang”; Hilal Kurniawan, S.Pd.SD menyampaikan makalah berjudul, “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Dongeng di Korwilcam Lumbir.” (dea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: