Tanda-tanda Aki Motor Matic Harus Ganti yang Pengendara Wajib Pahami

Tanda-tanda Aki Motor Matic Harus Ganti yang Pengendara Wajib Pahami

Beberapa tanda-tanda yang menunjukan bahwa aki sepeda motor matic Anda sudah harus diganti yang wajib pengendara pahami.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sepeda motor matic sangat populer di Indonesia dan digunakan oleh semua kalangan. Mengendarai sepeda motor matic memang sangat mudah dan juga menyenangkan.

Siapapun dapat mengendarai sepeda motor matic tanpa kendala apapun, bahkan wanita yang ingin belajar.

Berbeda dengan sepeda motor bebek, sepeda motor bertransmisi otomatis tidak perlu memikirkan perpindahan gigi, cukup melakukan pengereman dan akselerasi.

Selain mesin, salah satu komponen terpenting pada motor matic adalah aki yang merupakan salah satu alat kelistrikan. aki diperlukan untuk menghidupkan kendaraan, lampu, indikator, klakson, dan menyalakan mesin dan sensor.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kondisi aki sepeda motor matic Anda. Jangan menunggu sampai aki rusak untuk menggantinya. Jika tidak, Anda akan mendapat masalah sepeda motor matic nantinya.

BACA JUGA:Penyebab Aki Motor Matic Tiba-tiba Mati Saat Keadaan Darurat dan Cara Menjaga Kualitas Aki

BACA JUGA:Rekomendasi Aki Motor Matic yang Harganya Murah Tapi Dijamin Berkualitas

Aki yang biasa digunakan pada motor matic ada dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Aki basah mengandung asam sulfat (H2SO4), sedangkan baterai kering mengandung gel yang berfungsi sebagai pengganti elektrolit. 

Sepeda motor matic menggunakan aki sel kering yang sangat tahan lama dan bebas perawatan. Namun bila sudah tua atau rusak, aki sepeda motor matic tersebut sudah perlu diganti.

Tanda-tanda Aki Motor Matic Harus Ganti

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti aki sepeda motor matic? Di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda yang menunjukan bahwa aki sepeda motor matic Anda sudah harus diganti yang wajib pengendara pahami.

1. Umur Aki Sudah Lebih dari 2 Tahun

Umur aki sel kering yang digunakan sebagai aki motor matic adalah kurang lebih 2 tahun. Setelah itu, Anda perlu mengganti aki motor matic. Aki motor matic yang sudah lama tentu saja akan mengalami penurunan kinerja.

BACA JUGA:Tips Memilih Aki Motor Matic yang Tepat Lengkap dengan Rekomendasinya

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aki Motor Matic Honda Vario 150 dan Cara Merawatnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: