7 Hal yang Wajib Dilakukan Pemilik Motor Matic Usai Berkendara Jarak Jauh

7 Hal yang Wajib Dilakukan Pemilik Motor Matic Usai Berkendara Jarak Jauh

Beberapa hal berupa tips perawatan dan pemeriksaan sepeda motor matic yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan setelah melakukan perjalanan jauh.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Pengendara motor matic yang gemar touring, perlu melakukan perawatan pada kendaraannya, untuk memastikan performa optimal saat menggunakan motor maticnya kembali setelah perjalanan jarak jauh. 

Pengemudi sepeda motor matic diimbau untuk selalu memeriksa kondisi kendaraannya setelah melakukan perjalanan jauh. Setelah menempuh perjalanan jauh, sepeda motor matic Anda mungkin tidak dalam kondisi terbaik. 

Mengemudi jarak jauh menambah tekanan pada kendaraan Anda, jadi penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor matic yang tepat sebelum Anda mulai mengemudi lagi.

Hal yang Wajib Dilakukan Pemilik Motor Matic Usai Berkendara Jarak Jauh

Berikut beberapa hal berupa tips perawatan dan pemeriksaan sepeda motor matic yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan setelah melakukan perjalanan jauh.

1. Mencuci Sepeda Motor Matic

Mencuci sepeda motor matic merupakan langkah wajib pertama dan terpenting yang harus dilakukan seorang pengendara setelah melakukan perjalanan jauh.

BACA JUGA:DP Motor Matic Kymco Racing King 150i Mulai Rp3 Jutaan, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Simulasi Kredit Motor Matic Yamaha Nmax Turbo 2024, Angsuran Rp1 Jutaan per Bulan

 

Sebab, kotoran seperti kotoran, oli, dan lain-lain sudah pasti menempel di sepeda motor matic. Kotoran ini dapat mempengaruhi kinerja komponen kendaraan sepeda motor matic dan menimbulkan kerusakan seperti karat.

2. Periksa Oli

Segera periksa level oli mesin, kekentalan, dan warna cairan oli itu sendiri. Oli motor matic yang masih layak pakai biasanya memiliki konsistensi cairan kental bening dan volumenya tidak dikurangi sesuai petunjuk pabrik sepeda motor matic.

Idealnya, penggantian oli dilakukan setiap 3.000 km atau setiap 3 bulan, mana yang lebih dulu. Anda dapat memeriksa kualitas oli mesin motor matic secara manual, menggunakan tongkat yang ditempelkan tutup oli mesin motor matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: