Penyebab Mesin Motor Matic Honda Vario 150 Sering Mati Mendadak

Penyebab Mesin Motor Matic Honda Vario 150 Sering Mati Mendadak

3 Motor Matic yang Harus Kamu Bawa Saat Nobar Timnas Indonesia-Pinterest -

 

Beberapa tipe sepeda motor matic Vario 150 dilengkapi dengan fungsi ISS yang mematikan mesin secara otomatis saat sepeda motor matic dihentikan dalam jangka waktu tertentu (biasanya di lampu merah).

Fitur ini membantu menghemat bahan bakar, namun dapat menjadi penyebab jika mesin motor matic tiba-tiba mati karena masalah pada sistem ISS. Harap pastikan fungsi ISS berfungsi dengan baik.

5. Matinya Kelistrikan Mesin

Masalah pada sistem kelistrikan juga dapat menyebabkan sepeda motor Honda Vario 150 berhenti mendadak. Hal ini mungkin disebabkan oleh kabel terbuka, sambungan longgar, atau masalah pada stator atau alternator.

BACA JUGA:Daftar Harga Motor Matic Vario 160 September 2024 di Purwokerto!

BACA JUGA:Daftar Motor Matic yang Harganya Jauh Lebih Murah dari iPhone 16 Pro 1 TB

 

Kabel yang lepas atau putus dapat menyumbat aliran listrik ke komponen penting seperti CDI (ignition control unit), koil pengapian, dan busi. Periksa semua sambungan kabel untuk memastikan aman dan tidak rusak.

6. Busi Rusak atau Kotor

Busi yang kotor atau aus dapat mempengaruhi kelancaran pembakaran di dalam ruang bakar. Periksa kondisi busi sepeda motor matic secara berkala dan ganti bila perlu.

Pastikan busi sepeda motor matic yang Anda gunakan memenuhi spesifikasi rekomendasi pabrik sepeda motor matic.

7. Sistem Pembakaran Tidak Stabil

Masalah sistem pembakaran seperti sensor posisi poros engkol atau sensor posisi throttle yang rusak juga dapat menyebabkan mesin Vario 150 Anda mati secara tiba-tiba.

BACA JUGA:Bingung Cara Setting Jam Motor Matic Honda Vario 150? Ini Langkah-langkahnya, Mudah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: