Siap-siap! Inilah Motor Matic yang Dilarang Pakai Pertalite, Mengapa?

Siap-siap! Inilah Motor Matic yang Dilarang Pakai Pertalite, Mengapa?

Daftar motor matic yang dilarang pakai pertalite.-Youtube Otomotif TV-

BACA JUGA:Berapa DP Kredit Motor Matic Vario 160 CBS? Cicilan Murah Rp1 Jutaan

BACA JUGA:4 Motor Matic Murah dengan Stang Rendah yang Nyaman dan Stylish

Adapun kebijakan ini mengacu pada revisi Peraturan Presiden (Perpres) No 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Dampak Motor Matic 150cc Menggunakan Pertalite pada Mesin

Pada dasarnya, motor matic dengan mesin 150cc memiliki rasio kompresi yang tinggi. Bila menggunakan BBM jenis pertalite, maka dapat berdampak buruk pada kinerja dan umur mesin.

Rasio kompresi pada motor matic 150cc membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi agar pembakaran optimal di dalam ruang bakar.

BACA JUGA:Motor Matic Murah Yamaha yang Bisa Connect Smartphone

BACA JUGA:Spesifikasi Serta Harga Motor Matic Yamaha Grand Filano 2024

Nilai oktan pada pertalite sebesar 90, sedangkan mesin motor dengan kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar dengan kandungan oktan minimal 92.

Oleh karena itu, bahan bakar pertalite cenderung tidak mampu memenuhi kebutuhan motor matic 150cc dan dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada mesin motor.

Penggunaan pertalite dapat menyebabkan knocking atau denotasi, yaitu pembakaran yang tidak sempurna dan dapat merusak mesin.

Mengisi bahan bakar dengan pertalite justru memicu kinerja mesin menjadi menurun, meningkatkan emisi gas, dan menimbulkan kerusakan pada komponen, seperti piston dan ruang bakar.

BACA JUGA:Harga Motor Matic Body Bongsor yang Gak Bikin Kantong Jebol? Cek Yamaha TMAX!

BACA JUGA:Keren! Inilah 6 Motor Matic yang Cocok untuk Bergaya

Menilik kesesuaian rasio kompresi dengan nilai oktan yang tinggi pada bahan bakar, motor matic 150cc lebih aman bila menggunakan bahan bakar jenis pertamax atau pertamax turbo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: