Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/08).-DOK BPIP-

BALIKPAPAN, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memainkan peran penting dalam peristiwa bersejarah bangsa. Mereka turut serta dalam membawa Duplikat Bendera Pusaka dari Cawan Monas, Jakarta ke Istana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., menyambut kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/08).

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut dibawa dari Cawan Monas untuk dikibarkan dan dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Empat Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan BPIP yang terlibat dalam membawa Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi antara lain Kachina Ozora asal Kalimantan Tengah, Keyla Azzahra Purnama asal Sumatera Selatan, Lilly Indriani Suparman Wenda asal Papua Pegunungan, dan Naila Aulita Alqubra Sinapoy asal Banten.

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

BACA JUGA:Sejarah Terulang Setelah 56 Tahun, Ini Dasar Hukum Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih oleh BPIP

Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, menuturkan bahwa kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN merupakan simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa.

"Ini simbol bahwa Bendera Merah Putih harus terus berkibar di seluruh penjuru Nusantara. Jika tidak ada Bendera Merah Putih, tidak akan ada pula Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Yudian.

Prof. Yudian juga menyebut bahwa kirab ini menjadi momentum untuk memperkuat jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia.

"Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ungkapnya.

BACA JUGA:Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Jalani Latihan di Cibubur

BACA JUGA:31 Personel Paskibraka Digembleng 14 Hari di Alun-Alun

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP yang membawahi Program Paskibraka, Ir. Prakoso, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan putra-putri bangsa terpilih ini sehingga siap tampil pada tanggal 17 Agustus mendatang, termasuk empat putri Paskibraka pembawa baki tahun 2023 yang bertugas mengantarkan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Istana di IKN.

“Kami sudah siap. Adik-adik Calon Paskibraka, termasuk 4 Purnapaskibraka, telah berlatih di Cibubur sejak Juli lalu. Mereka telah dilatih fisik dan mentalnya karena kondisi di IKN berbeda dengan di Jakarta,” ungkap Prakoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: