Tips Meningkatkan Efisiensi Penggunaan BBM Motor Matic

Tips Meningkatkan Efisiensi Penggunaan BBM Motor Matic

Mengenai beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi BBM pada sepeda motor matic Anda agar lebih irit konsumsi bahan bakarnya-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengingat kepraktisan dan kenyamanan, tak heran jika sepeda bertransmisi otomatis atau disebut juga sepeda motor matic menjadi idaman banyak orang. 

Kota-kota besar seperti Jakarta memiliki lalu lintas yang padat, menjadikannya tempat tinggal yang ideal bagi sepeda motor matic. Namun, tidak ada yang sempurna, dan sepeda motor matic juga mempunyai kekurangan. 

Keluhan terbesar sepeda motor matic adalah efisiensi bahan bakarnya tidak sebaik sepeda motor manual. Hal ini disebabkan oleh penggunaan transmisi variabel kontinu atau CVT yang menyalurkan tenaga ke roda sepeda motor matic.

Tips Meningkatkan Efisiensi Penggunaan BBM Motor Matic

Namun Anda sebagai para pemiliki sepeda motor matic tidak periu berkecil hati. Di bawah ini akan membahas mengenai beberapa tips meningkatkan efisiensi BBM pada motor matic agar lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

Pertama, yang terpenting adalah gaya berkendara dari sepeda motor matic itu sendiri. Sepeda motor matic memiliki karakteristik yang berbeda dengan sepeda motor manual.

Sehingga seringkali pengendara sepeda motor matic harus menggunakan throttle lebih banyak untuk mencapai akselerasi yang diinginkan. Konsumsi bahan bakar sepeda motor matic pun sering terbuang sia-sia. 

Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan kecepatan motor matic secara perlahan dan terus-menerus. Hindari pengoperasian throttle secara tiba-tiba dan kendarai sepeda motor matic dengan kecepatan konstan. 

Kondisi sepeda motor matic Anda juga mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Perawatan mesinsepeda motor matic secara berkala sangat penting agar sepeda motor matic dapat berjalan lebih irit. 

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 6 Cara Ampuh Tingkatkan Akselerasi Motor Matic Harian, Meningkatkan Performa Kendaraan

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau, 6 Bahaya Penggunaan Ban Vulkanisir pada Motor Matic, yang Perlu Diwaspadai!

Komponen seperti filter udara, karburator, dan throttle body sepeda motor matic bisa terpengaruh jika tidak dalam kondisi maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: