Jumlah Pemilih Baru Pilkada 2024 Kisaran 11 Ribu

Jumlah Pemilih Baru Pilkada 2024 Kisaran 11 Ribu

Anggota PPK saat rapat dengan KPU Purbalingga, Selasa 23 Juli 2024 terkait pemutakhiran data.-Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Purbalingga yang potensial sebagai pemilih adalah 772.368 orang. Data ini akan terus dimutakhirkan hingga penerapan daftar pemilih tetap (DPT).

"Saat ini kami memiliki data pemilih baru atau pemula murni sekitar 11 ribu orang. Kami terus mengupdate dan memutakhirkan data," kata Anggota KPU Purbalingga, Sudarmadi, Selasa, 23 Juli 2024.

KPU Purbalingga juga masih melanjutkan hasil coklit data menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), kemudian pemutakhiran data hingga akhirnya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Bagi yang meninggal, pindah, atau lokasi TPS yang berubah, akan tetap dilakukan pemutakhiran data pemilih," tambahnya.

BACA JUGA:Hingga Pekan Pertama Juli, 144.715 Pemilih Belum Tercoklit

BACA JUGA:Libur Sekolah, Pemohon Rekam Data KTP-el di Purbalingga Didominasi Pemilih Pemula

Lebih lanjut, Sudarmadi menyatakan bahwa KPU Purbalingga juga akan segera melakukan pengecekan data yang berpotensi sama dengan wilayah kabupaten lain di KPU Provinsi Jawa Tengah. Validasi data pemilih yang sama secara nasional akan dilakukan di Yogyakarta pada Agustus mendatang.

Untuk diketahui, jumlah TPS pada pilkada 2020 sekitar 2.100, pada pemilu dan pilpres TPS sekitar 2.964, sementara pada pilkada 27 November diperkirakan jumlah TPS maksimum adalah 1.600. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: