Harus Tau! 7 Cara Utama Antisipasi Rem Blong pada Motor Matic

Harus Tau! 7 Cara Utama Antisipasi Rem Blong pada Motor Matic

Harus Tau! 7 Cara Utama Antisipasi Rem Blong pada Motor Matic-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara utama antisipasi rem blong pada motor matic, merupakan hal yang krusial bagi keselamatan pengendara.

rem blong menjadi momok menakutkan bagi pengendara motor, terutama pengguna motor matic. Kejadian ini bisa berakibat fatal, karena hilangnya kontrol penuh atas kendaraan.



Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu penting untuk mengetahui cara antisipasi rem blong. Berikut 7 cara utama antisipasi rem blong pada motor matic, yang perlu Anda ketahui:

1. Perawatan Berkala

Layaknya organ vital pada tubuh manusia, sistem pengereman pada motor matic juga membutuhkan perawatan berkala. Ini adalah langkah awal yang paling penting untuk mencegah rem blong, berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan:

a. Kampas Rem: Komponen ini bergesekan langsung dengan piringan cakram untuk menghasilkan daya henti.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda BeAT Deluxe Dijamin Bikin Penampilan Makin Stylish

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Motor Matic yang Cocok untuk Jualan Keliling

Lakukan pengecekan ketebalan kampas rem secara berkala, sesuai dengan petunjuk pabrikan. Umumnya kampas rem perlu diganti jika ketebalannya sudah di bawah batas minimal.

b. Minyak Rem: Minyak rem berfungsi untuk meneruskan tekanan yang diberikan pada tuas rem ke kaliper rem. Perhatikan kondisi dan ketinggian minyak rem.

Minyak rem yang kotor atau berkurang, dapat menurunkan kemampuan pengereman dan berpotensi menyebabkan rem blong. Ganti minyak rem secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan.

c. Hose Rem: Komponen berbentuk selang ini berfungsi sebagai saluran minyak rem, periksa kondisi hose rem dari keretakan, pembengkakan, atau kerusakan lainnya. Ganti hose rem jika terdeteksi adanya kerusakan, untuk memastikan kinerja pengereman yang optimal.

BACA JUGA:Super Hemat! 5 Motor Matic yang Irit untuk Bisa Digunakan Dalam Berbagai Kebutuhan

BACA JUGA:Tips Merawat Sistem Pendingin pada Motor Matic

Penting! Selalu gunakan suku cadang asli, atau yang direkomendasikan pabrikan untuk pengereman motor Anda. Jangan tergiur dengan harga suku cadang yang lebih murah, karena  kualitas pengereman dan keselamatan Anda menjadi taruhannya.

2. Kuasai Teknik Pengereman

Teknik pengereman yang salah tidak hanya berdampak pada keausan komponen rem yang lebih cepat, tetapi juga dapat memicu terjadinya rem blong. Mari kita bahas beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari:

a. Menarik Rem dan Gas Secara Bersamaan: Kebiasaan ini dapat membuat kampas rem cepat habis dan mengurangi efektivitas pengereman.

b. Pengereman Mendadak: Pengereman mendadak bisa membuat roda terkunci dan kehilangan traksi, sehingga motor menjadi lebih sulit dikendalikan.

BACA JUGA:Langkah-Langkah Mengganti Pentil Ban Motor Matic yang Rusak dengan yang Baru

BACA JUGA:Memilih Lem yang Tepat untuk Memperbaiki Pentil Ban Motor Matic yang Bocor

Lalu, bagaimana cara pengereman yang baik? Teknik yang dianjurkan adalah pengereman kombinasi antara rem depan dan belakang secara bertahap. Selain itu, biasakan untuk melepas gas terlebih dahulu sebelum melakukan pengereman.

3. Engine Brake

Motor matic memang tidak memiliki engine brake sekuat motor bebek. Namun, teknik ini tetap dapat membantu memperlambat laju kendaraan, terutama saat melintasi jalan menurun.  

Caranya adalah dengan menutup gas secara perlahan-lahan. Hal ini akan membuat putaran mesin sedikit tertahan sehingga laju motor ikut melambat.   

Engine brake dapat digunakan sebagai teknik pendukung untuk mengurangi penggunaan rem, sehingga meminimalisir risiko rem blong.

4. Antisipasi Jalan

Peranti keselamatan pada kendaraan tidak bisa bekerja secara optimal, jika kita tidak memperhatikan kondisi jalan. Berikut beberapa tips untuk mengantisipasi rem blong:

BACA JUGA:Penyebab Motor Matic Brebet serta Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Ciri-ciri Shock Breaker Sepeda Motor Matic yang Sudah Harus Segera Diganti

a. Hindari Kecepatan Tinggi di Turunan Panjang: Ketika melintasi jalan menurun, usahakan untuk menjaga kecepatan kendaraan secara wajar. Hindari memacu motor dengan kecepatan tinggi, karena rem akan lebih cepat panas dan fungsinya bisa berkurang.

b. Pilih Jalur Landai Jika Ada: Perhatikan kondisi geografis jalan. Jika tersedia jalur yang lebih landai, sebaiknya gunakan jalur tersebut untuk menghindari turunan yang panjang dan curam.

c. Waspada Jalan Licin: Jalanan yang licin akibat hujan, genangan air, atau pasir dapat mengurangi daya cengkeram ban ke aspal.

Hal ini membuat manuver pengereman menjadi lebih sulit dan berisiko. Oleh karena itu, ekstra hati-hati saat melintasi jalan licin dan kurangi kecepatan kendaraan.

5. Tenang Saat Panik

Rem blong tentu saja membuat Anda panik, namun panik justru akan memperburuk keadaan.  Tetaplah tenang dan jangan histeris saat menghadapi situasi ini, ingatlah bahwa keselamatan adalah yang utama.

6. Alternatif Pengereman

Jika rem blong terlanjur terjadi, jangan terus menerus menarik tuas rem utama. Hal ini justru akan memperparah keadaan, karena kampas rem yang sudah panas akan semakin aus dan tidak dapat berfungsi optimal.

BACA JUGA:Bikin Kenangan Makin Romantis Dengan 5 Motor Matic yang Cocok Untuk Nge-Date

BACA JUGA:5 Alasan Motor Matic yang Jarang Dipakai Harus Tetap Ganti Oli

Berikut beberapa alternatif pengereman yang dapat dilakukan:

a. Rem Tangan (Jika Ada): Gunakan rem tangan untuk membantu memperlambat laju kendaraan. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas rem tangan pada motor matic, umumnya lebih lemah dibandingkan rem utama.

b. Teknik Pengereman Alternatif: Gunakan gigi rendah untuk membantu menahan laju motor, caranya adalah dengan menurunkan gigi persneling secara perlahan-lahan. Hindari menurunkan gigi secara paksa karena dapat menyebabkan roda belakang selip.

c. Manfaatkan Pinggiran Jalan: Jika memungkinkan, arahkan kendaraan ke pinggir jalan dengan hati-hati. Hindari menabrak kendaraan lain atau objek di sekitar jalan.

7. Mendinginkan Rem dan Segera Servis:

Setelah berhasil menepi dengan aman, lakukan langkah-langkah berikut:

a. Mendinginkan Rem: Matikan mesin dan biarkan rem mendingin secara alami. Hindari menyiramkan air ke rem yang panas karena dapat menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA:Waspada! Ini Arti dari Kode yang Sering Muncul pada Motor Matic Yamaha Aerox

BACA JUGA:Perhatikan! 7 Penyebab Utama Kerusakan pada Bearing Roda Motor Matic

b. Pemeriksaan dan Perbaikan: Segera bawa motor Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan menyeluruh pada sistem pengereman.

Pastikan semua komponen rem dalam kondisi baik, dan berfungsi dengan normal sebelum kembali menggunakan motor.

Mencegah rem blong pada motor matic dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari perawatan berkala, teknik pengereman yang benar, hingga antisipasi kondisi jalan.  

Dengan pengetahuan cara utama antisipasi rem blong pada motor matic, Anda dapat meningkatkan keselamatan diri dan pengendara lain di jalan raya. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: