Simak Nih! 7 Tanda-tanda Throttle Body Motor Matic Perlu Dibersihkan

Simak Nih! 7 Tanda-tanda Throttle Body Motor Matic Perlu Dibersihkan

Simak Nih! 7 Tanda-tanda Throttle Body Motor Matic Perlu Dibersihkan -google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tanda-tanda Throttle body motor matic perlu dibersihkan, merupakan indikasi penting menjaga performa dan efisiensi kendaraan Anda.

Throttle body adalah salah satu komponen vital pada motor matic.  Fungsinya sebagai pengatur aliran udara yang masuk ke ruang bakar.  

Kita bisa bayangkan Throttle body seperti katup udara yang membuka dan menutup, sesuai kebutuhan mesin untuk mendapatkan campuran udara dan bahan bakar yang ideal.



Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, throttle body rentan terkena kotoran. Sumber kotoran ini bisa berasal dari debu, kerak hasil pembakaran, hingga oli mesin yang terhisap.  

BACA JUGA:Jenis dan Penyebab Suara Aneh pada Motor Matic yang Harus Diwaspadai

BACA JUGA:6 Cara Menghilangkan Karat pada Bodi Motor Matic

Jika dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan menimbulkan berbagai masalah, pada performa dan efisiensi mesin motor matic Anda.

Mari kita bahas lebih dalam mengenai tanda-tanda throttle body motor matic perlu dibersihkan.  Dengan mengenali gejalanya, Anda bisa mengambil tindakan perbaikan sebelum masalah yang lebih serius terjadi.

7 Tanda-tanda Throttle Body Motor Matic Perlu Dibersihkan

Berikut ini beberapa tanda-tanda throttle body motor matic perlu dibersihkan, yang perlu Anda ketahui:

1. Tarikan Gas Terasa Berat

Tanda yang paling sering dirasakan pengendara motor matic saat throttle body kotor, adalah tarikan gas yang terasa berat. Hal ini terjadi karena kotoran yang menumpuk pada throttle body, menghalangi aliran udara yang masuk ke ruang bakar.  

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Motor Matic Yamaha XMAX Terbaru 2024

BACA JUGA:Kehebatan yang Dimiliki Motor Matic All New Honda Beat Series, Dijamin Bikin Pengin Beli

Akibatnya, pasokan udara yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi berkurang, sehingga mesin tidak bisa menghasilkan tenaga optimal. Anda akan merasakan tarikan gas yang berat, seolah mesin "terengah-engah" saat tuas gas diputar.

Contoh: Bayangkan Anda sedang berkendara di jalan menanjak. Biasanya, tarikan gas akan terasa lebih berat, karena mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk membawa motor matic Anda melewati tanjakan.  

Namun, jika tarikan gas terasa berat bahkan di jalan yang datar, hal ini bisa menjadi indikasi kuat bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

2. RPM Idle Tidak Stabil

RPM (Rotation Per Minute) adalah satuan untuk menunjukkan putaran mesin per menit. RPM idle menunjukkan putaran mesin saat langsam, atau dalam keadaan stasioner (kendaraan berhenti dengan mesin menyala).  

BACA JUGA:Kehebatan yang Dimiliki Motor Matic All New Honda Beat Series, Dijamin Bikin Pengin Beli

BACA JUGA:Tips Menghindari Salah Pilih Oli Motor Matic

Nah, pada motor matic dengan throttle body yang kotor, RPM idle biasanya menjadi tidak stabil.  Gejalanya bisa berupa RPM yang naik turun secara tidak normal, atau bahkan mesin bisa mati sendiri saat berhenti di lampu merah.  

RPM idle yang tidak stabil ini terjadi, karena kotoran pada throttle body mengganggu pengaturan aliran udara, saat mesin dalam keadaan langsam.

Contoh: Anda sedang berhenti di lampu merah dan mesin motor matic Anda tiba-tiba mati.  Setelah dihidupkan kembali RPM mesin tampak naik turun tidak menentu, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

3. Boros Bensin

Throttle body yang kotor dapat menyebabkan motor matic Anda menjadi lebih boros bensin. Ini karena kotoran yang menumpuk, membuat sistem pemasukan udara dan bahan bakar tidak bekerja optimal.  

BACA JUGA:Manfaat Penting Kickstarter pada Motor Matic

BACA JUGA:Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic yang Mudah Dilakukan di Rumah

Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal. Komposisi campuran yang tidak tepat ini menyebabkan pembakaran tidak efisien, sehingga konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Perhitungan: Biasanya, Anda bisa menempuh jarak sejauh 50 km dengan 1 liter bensin.  Namun, akhir-akhir ini Anda hanya bisa menempuh jarak 40 km dengan 1 liter bensin.  

Perubahan konsumsi bensin yang cukup signifikan ini, bisa menjadi indikasi bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

4. Performa Mesin Menurun

Tanda lain dari throttle body yang kotor, adalah performa mesin yang menurun secara keseluruhan. Hal ini bisa dirasakan dari tenaga mesin yang terasa kurang bertenaga, dan akselerasi yang lambat.  

BACA JUGA:Hal-hal yang Menyebabkan CVT Motor Matic Mengeluarkan Suara Dengung

BACA JUGA:Apa Itu Komponen Aftermarket Pada Motor Matic? Ini Penjelasannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kotoran pada throttle body menghalangi aliran udara yang masuk ke ruang bakar.  

Dengan suplai udara yang tidak mencukupi, pembakaran menjadi tidak optimal sehingga tenaga yang dihasilkan mesin pun berkurang. Akselerasi pun menjadi lebih lambat, karena mesin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tenaga puncaknya.

Contoh: Biasanya, Anda bisa dengan mudah menyalip kendaraan lain di depan Anda. Namun, akhir-akhir ini Anda mengalami kesulitan untuk menyalip, karena mesin motor matic Anda terasa kurang bertenaga.

5. Brebet atau Tersendat Saat Gas Dibuka

Brebet atau tersendat saat gas dibuka, juga bisa menjadi indikasi throttle body motor matic perlu dibersihkan. Gejala ini biasanya terjadi pada putaran mesin yang rendah.  

BACA JUGA:Waspada! Ini Arti dari Kode yang Sering Muncul pada Motor Matic Yamaha Aerox

BACA JUGA:Perhatikan! 7 Penyebab Utama Kerusakan pada Bearing Roda Motor Matic

Saat tuas gas diputar untuk menambah kecepatan, mesin seperti tersendat atau tidak bertenaga sebelum akhirnya hentakan tenaga muncul.  

Hal ini terjadi karena kotoran pada throttle body, mengganggu pembukaan katup udara secara halus. Akibatnya aliran udara menjadi tidak stabil, sehingga pembakaran terganggu dan mesin terasa brebet.

Contoh: Anda sedang berkendara di pagi hari dengan kondisi mesin yang masih dingin. Saat Anda membuka gas untuk mempercepat laju motor, mesin tiba-tiba tersendat dan brebet.  

Setelah mesin panas, gejala brebet tersebut hilang. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

6. Keluar Asap Knalpot Berlebihan

Asap knalpot yang keluar berlebihan, berwarna hitam pekat, atau bahkan kebiruan bisa menjadi indikasi bahwa throttle body motor matic Anda perlu dibersihkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: