5 Ciri-ciri Variator atau Rumah Roller Motor Matic Mengalami Kerusakan

5 Ciri-ciri Variator atau Rumah Roller Motor Matic Mengalami Kerusakan

Ciri-ciri variator atau rumah roller motor matic mengalami kerusakan-Pinterest -

Masalah ini bisa disebabkan oleh roller yang aus atau permukaan variator yang sudah tidak rata. 

Ketika roller sudah aus, mereka tidak lagi bergerak dengan lancar di dalam rumah roller, sehingga menyebabkan akselerasi tersendat. 

Permukaan variator yang tidak rata juga bisa menyebabkan gesekan yang tidak merata, sehingga mengganggu kinerja transmisi.

2. Suara Berisik dari Bagian CVT

Ciri lain yang menunjukkan kerusakan pada variator atau rumah roller adalah adanya suara berisik dari bagian CVT (Continuously Variable Transmission).

Suara ini bisa berupa bunyi berdecit, berdengung, atau bergetar yang terdengar jelas saat motor dalam keadaan berjalan atau bahkan saat stasioner.

Suara berisik ini umumnya disebabkan oleh roller yang sudah aus atau retak, sehingga mereka tidak lagi berputar dengan sempurna di dalam rumah roller.

Selain itu, suara berisik juga bisa muncul jika permukaan variator sudah aus atau terdapat kotoran yang terjebak di dalamnya. 

Ketika mendengar suara berisik dari bagian CVT, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Performa Menurun dan Tenaga Berkurang

Performa motor matic yang menurun dan tenaga yang berkurang juga bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada variator atau rumah roller. 

Motor matic yang sehat seharusnya memiliki performa yang konsisten dan tenaga yang cukup untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. 

Namun, jika variator atau rumah roller mengalami masalah, motor mungkin akan terasa kurang bertenaga, terutama saat menanjak atau saat membawa beban yang berat.

BACA JUGA:Apa Itu Komponen Aftermarket Pada Motor Matic? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:3 Rekomendasi Toko Ban Motor Matic Terbaik dan Terpercaya, yang Punya Banyak Cabang di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: