Tips Merawat Mesin Motor Matic Agar Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Tips Merawat Mesin Motor Matic Agar Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Beberapa tips perawatan mesin sepeda motor matic sederhana yang perlu Anda ketahui agar tidak terjadi kesalahan.-Fahma Ardiana-

2. Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi

Sepeda motor matic modern seperti Honda Beat sudah dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar.

Teknologi penghemat bahan bakar yang diadopsi pada sepeda motor matic terbaru Honda adalah FI (Fuel Injection), yaitu sistem penyediaan bahan bakar menggunakan injektor yang dikendalikan komputer.

BACA JUGA:Perhatikan! 7 Penyebab Utama Kerusakan pada Bearing Roda Motor Matic

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan ! Inilah Waktu Terbaik untuk Mengganti Oli Motor Matic

Bahan bakar beroktan tinggi meminimalkan timbal yang dapat mengganggu penyerapan bahan bakar ke dalam mesin motor matic. Penumpukan timbal dalam bahan bakar akan merusak injektor bahan bakar dan saluran bahan bakar lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda mengendarai motor matic Honda Beat atau matic modern sebaiknya menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dengan nilai Ron 90 atau lebih tinggi untuk menjamin umur mesin sepeda motor matic Anda.

3. Amati sistem kelistrikan 

Sepeda motor matic Honda keluaran tahun 2014 ini. Tentunya dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar (FI) yang hemat bahan bakar. Sistem penghematan bahan bakar ini bersifat otomatis dan mengandalkan listrik.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

Jika catu daya stabil, injektor sepeda motor matic akan bekerja normal. Oleh karena itu, pastikan tidak ada masalah pada pasokan listrik pada sepeda motor matic Anda agar injektor bekerja maksimal.

Untuk menghindari masalah kelistrikan, sebaiknya gunakan baterai sel kering, yang memerlukan perawatan minimal. Jika Anda menjaga kelistrikan, mesin sepeda motor matic berharga Anda akan bertahan lebih lama.

4. Melakukan perawatan terjadwal

Cara mudah lainnya adalah dengan melakukan perawatan terjadwal di bengkel resmi. Ini adalah langkah awal karena setiap kita membeli sepeda motor matic, pihak dealer memberikan kita 4 layanan gratis bersyarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: