Waspada! Penyebab Utama Aki Motor Matic Menjadi Tekor

Waspada! Penyebab Utama Aki Motor Matic Menjadi Tekor

Waspada! Penyebab Utama Aki Motor Matic Menjadi Tekor-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab utama aki motor matic menjadi tekor, adalah hal yang harus Anda waspadai dan pahami. Hal ini dikarenakan aki merupakan komponen penting pada motor matic, yang berperan sebagai penyimpan daya listrik untuk menghidupkan mesin dan komponen kelistrikan lainnya.

Aki motor matic yang tekor adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengendara. Kondisi ini bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.



Memahami penyebab utama aki motor matic menjadi tekor, adalah langkah penting untuk mencegah dan mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab utama yang perlu diwaspadai.

1. Modifikasi Berlebihan

Modifikasi motor adalah hobi yang digemari oleh banyak pengendara. Namun, penambahan aksesoris seperti lampu LED, klakson besar, atau sistem audio yang berlebihan dapat membebani aki.

BACA JUGA:Keren Banget! Fitur Canggih dalam Motor Matic Honda X-ADV 750 2024

BACA JUGA:Menakjubkan! 7 Kecanggihan Motor Matic All New Honda Beat Series Jadi Primadona Anak Muda

Setiap aksesoris tambahan membutuhkan daya listrik lebih besar, sehingga mempercepat habisnya daya pada aki​​. Untuk mencegah hal ini, pastikan modifikasi yang dilakukan sesuai dengan kapasitas daya aki motor.

2. Kiprok Bermasalah

Kiprok adalah komponen yang mengatur tegangan listrik yang masuk ke aki. Jika kiprok mengalami kerusakan, tegangan yang diterima aki bisa terlalu besar atau terlalu kecil.

Tegangan yang tidak stabil ini bisa menyebabkan aki menjadi tekor atau bahkan rusak​​. Pemeriksaan rutin dan penggantian kiprok yang rusak adalah solusi untuk masalah ini.

3. Spul dan Alternator Bermasalah

Spul berfungsi menghasilkan listrik untuk mengisi aki. Jika spul atau alternator bermasalah, proses pengisian aki tidak berjalan dengan baik, sehingga aki tidak mendapatkan daya yang cukup dan menjadi tekor​.

BACA JUGA:Wajib Simak! Faktor Penting untuk Menjaga Motor Matic Anda Tetap Awet

BACA JUGA:Ternyata Ini! Alasan Anak Muda Menyukai Motor Matic Vespa

Oleh karena itu memastikan spul dan alternator dalam kondisi baik, yaitu dengan pemeriksaan berkala sangat penting.

4. Penggunaan Stop Lamp Berlebihan

Stop lamp yang menyala terus menerus atau adanya konsleting pada sistem kelistrikan motor, bisa menyebabkan aki cepat habis. Konsleting terjadi ketika kabel positif dan negatif bersentuhan, menguras daya aki dengan cepat​​.

Memastikan semua kabel terpasang dengan baik, dan stop lamp berfungsi normal dapat mencegah masalah ini.

5. Motor Jarang Digunakan

Motor yang jarang digunakan juga dapat membuat aki tekor. Meskipun motor dalam keadaan mati, aki tetap mengeluarkan sedikit daya untuk mempertahankan tegangannya.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Dijamin Kuat di Tanjakan Hingga Jalur Pegunungan

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Honda yang Paling Irit Bensin

Jika motor tidak dinyalakan dalam waktu lama, daya aki akan habis perlahan​. Untuk mencegah hal ini, nyalakan motor secara rutin meski tidak digunakan untuk berkendara.

6. Kebersihan Aki

Debu, kotoran, dan korosi pada terminal aki dapat mengganggu aliran listrik dan menyebabkan resistansi tinggi, yang akhirnya membuat aki cepat habis​.

Membersihkan terminal aki secara berkala menggunakan sikat berbulu lembut, dan larutan baking soda bisa membantu menjaga performa aki.

7. Penggunaan Air Aki yang Berlebihan

Untuk aki basah, penggunaan air aki yang berlebihan dapat menurunkan kinerja aki. Air aki yang terlalu banyak bisa mengencerkan elektrolit, dan membuat aki tidak mampu menyimpan daya dengan baik​.

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Motor Matic Yamaha yang Irit BBM

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Motor Matic Kymco Downtown 250i

Oleh karena itu penting untuk mengisi air aki sesuai dengan petunjuk pabrikan, sehingga performa aki motor matic Anda dapat lebih terjaga.

8. Komponen Pengikat yang Rusak

Kabel dan sekrup pengikat yang rusak atau longgar dapat mengganggu aliran listrik dari aki ke komponen motor. Hal ini dapat menyebabkan aki bekerja lebih keras dan cepat habis​.

Memeriksa dan memastikan semua pengikat dalam kondisi baik, adalah langkah pencegahan yang efektif dalam mengantisipasi kerusakan pada aki.

9. Mematikan Mesin dengan Lampu Menyala

Kebiasaan mematikan mesin motor saat lampu masih menyala juga dapat menyebabkan aki cepat tekor. Saat mesin mati, alternator tidak lagi mengisi daya aki, tetapi lampu yang menyala tetap menguras daya.

10. Kendaraan Lama Tidak Digunakan

Motor yang lama tidak digunakan justru akan membuat aki tekor. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika kendaraan mati, arus listriknya tetap mengalir.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Kymco Downtown 250i

BACA JUGA:Fitur Utama Motor Matic Kymco Downtown 250i

Kemudian tegangan pada aki akan semakin berkurang. Untuk penyebab aki motor tekor yang satu ini, bisa dicegah dengan menggunakan motor secara rutin.

Setidaknya dalam sehari, motor harus dinyalakan dan dijalankan. Dengan begitu, aliran listrik pada mesin motor akan tetap berjalan lancar, mesin motor juga bisa panas dan aki tidak sampai tekor.

11. Pengikat Aki Terlepas atau Rusak

Dalam menjaga kinerja aki motor matic, peran komponen pengikat seperti kabel dan sekrup tak boleh diabaikan. Sebagai sistem pasokan listrik utama pada kendaraan bermotor, aki memerlukan komponen pengikat yang kuat dan terpasang dengan baik​​.

Jika terjadi kerusakan atau pengikat terlepas, arus listrik tidak akan tersalurkan dengan baik sehingga aki cepat habis.

12. Bore Up Kurang Sempurna

Bore up adalah istilah yang digunakan untuk menyebut modifikasi motor dengan menambah kapasitas silinder atau CC mesin. Agar motor dapat beroperasi seperti semula, pastikan kamu juga mengganti komponen lain yang berhubungan dengan silinder dan mesin seperti spul dinamo stater​.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Penyebab Motor Matic Vario 125 Ngempos

BACA JUGA:Waspada! 7 Tanda-tanda Oli Motor Matic Palsu yang Mengintai di Pasaran

Hal ini dilakukan karena motor dengan kapasitas dan CC yang lebih besar, tentu membutuhkan daya listrik yang lebih besar pula. Spul dinamo stater yang lebih kuat dapat menghasilkan lebih banyak tenaga listrik, sehingga kadar listrik di dalam aki tetap terisi.

Dengan memahami penyebab utama aki motor matic menjadi tekor, pengendara dapat memastikan motor tetap dalam kondisi prima. Dan menghindari masalah aki yang dapat menghambat perjalanan. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: