Revitalisasi Jalur Kereta Api Purwokerto-Wonosobo, Sebagian Beralih Jadi Permukiman

Revitalisasi Jalur Kereta Api Purwokerto-Wonosobo, Sebagian Beralih Jadi Permukiman

Anggota DPD RI, Abdul Kholik (baju batik) bersama Dishub Jateng dan PT KAI DAOP 5 Purwokerto menyusuri jalu Kereta Api Purwokerto-Wonosobo yang sebagain sudah jadi pemukiman warga, di Sokaraja, selasa (16/7/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

"Namun seiring berkembangnya waktu, ini ada yang tertimbun jalan raya, ada yang sudah didirikan bangunan. Namun secara track masih utuh dan secara yuridis formil ada sertifikat maupun grondkaart (bukti kepemilikan tanah) dari Purwokerto sampai Wonosobo," jelasnya.

BACA JUGA:Penertiban PKL di GOR Goentoer Darjono Purbalingga Mendapatkan Perlawanan

Anggota DPD RI Abdul Kholik menambahkan bahwa ekspedisi ini dilakukan bersama instansi terkait untuk memeriksa kondisi terkini jalur KA Purwokerto-Wonosobo, yang tengah diusulkan untuk reaktivasi.

"Kami akan menyamakan pemahaman untuk mendorong reaktivasi jalur Purwokerto-Wonosobo agar masuk program prioritas pemerintah pusat," kata Kholik saat turut dalam ekspedisi tersebut.

Menurut Kholik, warga yang tinggal di lahan bekas stasiun ini menyewa kepada PT KAI. Saat berdialog dengan warga, mereka memahami bahwa mereka hanya menyewa dan siap jika nantinya akan ada kebijakan reaktifasi.

BACA JUGA:Cuaca Buruk Landa Perairan Cilacap, Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Cilacap Mencapai hingga 3,5 Meter

"Tadi berdialog dengan warga yang menyewa, semua di sini ada perjanjian sewa. Mereka juga menyadari betul, mereka di sini, bahasanya numpang, mereka paham kalau sewaktu-waktu ada kebijakan memfungsikan kembali," ujar Kholik.(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: