Bahaya Mengintai! 7 Akibat Fatal Telat Ganti Oli Motor Matic

Bahaya Mengintai! 7 Akibat Fatal Telat Ganti Oli Motor Matic

Bahaya Mengintai! 7 Akibat Fatal Telat Ganti Oli Motor Matic-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Akibat fatal telat ganti oli motor matic, merupakan pembunuhan perlahan bagi mesin motor Anda. Oleh karena itu, penting untuk selalu rutin mengganti oli motor matic sesuai dengan anjuran pabrikan.

Bagi Anda pengguna motor matic, oli tak bisa dianggap remeh. Oli bagaikan darah bagi tubuh manusia, fungsinya tak hanya melumasi mesin, tapi juga mendinginkan dan membersihkannya dari kotoran.

Oli yang baik akan memastikan mesin motor matic Anda bekerja dengan optimal, menghasilkan tenaga maksimal, dan tentunya awet. Namun, oli memiliki kemampuan yang terbatas.



Seiring waktu oli akan kehilangan kemampuan pelumasannya akibat terkontaminasi oleh kotoran, debu, dan hasil pembakaran mesin.

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Alasan Memilih Motor Matic Suzuki Burgman Street 125EX

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 7 Alasan Memilih Motor Matic Callisto 110, Berdesain Futuristis dan Sporty

Oli yang kotor dan kental tak lagi mampu menjalankan fungsinya secara optimal, nah di sinilah letak bahayanya. Jika Anda telat ganti oli motor matic, bersiaplah menghadapi akibat fatal telat ganti oli motor matic:

1. Menurunnya Kinerja Mesin Secara Drastis

Oli yang kotor dan kental tak mampu melumasi mesin dengan baik. Gesekan antar komponen mesin pun meningkat drastis. Akibatnya, mesin terasa kasar dan berat saat digunakan.

Performa mesin pun menurun drastis. Tanda awal yang biasanya Anda rasakan adalah, tarikan motor terasa loyo dan tenaga yang dihasilkan berkurang.

Bayangkan Anda sedang menggoreng telur. Jika Anda menggunakan minyak goreng yang sudah lama dan kotor, gesekan antara telur dengan wajan akan meningkat.

BACA JUGA:Waspadai! 7 Akibat Motor Matic Jarang Servis Mesin

BACA JUGA:Yuk Kenali! 8 Faktor Penyebab Perpak Mesin Motor Matic Rembes, dan Solusinya

Telur pun jadi gosong dan tidak enak dimakan, begitu pula dengan mesin motor matic. Oli yang kotor seperti minyak goreng bekas, tak bisa melumasi mesin dengan baik sehingga menimbulkan gesekan berlebihan dan membuat mesin bekerja tidak optimal.

2. Suara dan Getaran yang Tidak Nyaman

Gesekan antar komponen mesin yang meningkat akibat oli kotor tak hanya berdampak pada performa mesin, tapi juga menimbulkan suara yang kasar dan tidak nyaman didengar. Getaran ini bisa dirasakan di berbagai titik motor, seperti stang, jok, dan bahkan kaki Anda saat berkendara.

Gesekan yang meningkat akibat oli kotor, bisa diibaratkan seperti permukaan jalan yang rusak dan berlubang. Saat Anda melewati jalan tersebut tentu motor akan mengeluarkan bunyi berisik, dan getaran yang mengganggu kenyamanan berkendara.

3. Bahan Bakar Boros

Mesin yang tidak terawat dengan baik akibat oli kotor, membutuhkan lebih banyak tenaga untuk bekerja. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

BACA JUGA:Bahaya ! Inilah Alasan Tidak Boleh Bonceng 3 saat Mengendarai Motor Matic

BACA JUGA:Cara Membonceng Motor Matic yang Nyaman dan Aman

Oli yang kotor meningkatkan gesekan antar komponen mesin, gesekan ini membutuhkan tenaga ekstra untuk diatasi. Tenaga ekstra ini berasal dari pembakaran bahan bakar yang lebih banyak, akibatnya konsumsi bahan bakar menjadi boros.

4. Overheating

Oli tak hanya berfungsi melumasi mesin, tapi juga berperan sebagai pendingin. Oli yang kotor dan kental tidak dapat menyerap panas dengan baik.

Akibatnya, mesin mudah mengalami overheating. Overheating yang dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen mesin, bahkan bisa berujung pada mati mesin.

Overheating dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin, perubahan bentuk komponen mesin akibat pemuaian yang tidak merata, hingga kerusakan pada packing mesin. Pada kondisi yang parah, overheating dapat menyebabkan mesin motor matic Anda jebol.

5. Ketahanan Mesin Berkurang

Oli yang kotor mengandung partikel-partikel halus hasil keausan komponen mesin, dan kotoran dari luar. Partikel-partikel halus ini dapat menggores dan merusak komponen mesin, hal ini menyebabkan keausan dini pada komponen mesin dan memperpendek usia pakainya.

BACA JUGA:Perhatikan Agar Tidak Salah Lagi ! Inilah 5 Cara Mengerem Motor Matic yang Tepat

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Vespa GTS 150

Telat ganti oli membuat komponen pada mesin motor matic cepat aus, awalnya mungkin Anda tidak merasakan dampaknya.  

Namun, dalam jangka panjang, kerusakan akibat oli kotor akan semakin parah. Hal ini berujung pada biaya perbaikan yang mahal, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

6. Turun Mesin

Jika dibiarkan terus-menerus, kerusakan akibat telat ganti oli dapat menjalar ke seluruh komponen mesin. Kerusakan parah ini dapat mengakibatkan turun mesin, yang membutuhkan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Turun mesin  adalah proses pembongkaran total mesin motor matic untuk perbaikan, ini  membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

BACA JUGA:Keren Abis! 7 Fitur Futuristis yang Bikin Motor Matic Yamaha Cygnus Gryphus 2025 Jadi Idaman

BACA JUGA:6 Tips Riding Jarak Jauh Menggunakan Motor Matic dengan Aman dan Nyaman

Mencegah turun mesin akibat telat ganti oli jauh lebih baik dan hemat biaya, dibandingkan mengalami kejadian tersebut. Patuhi interval ganti oli yang dianjurkan pabrikan dan gunakan oli, sesuai dengan spesifikasi mesin motor matic Anda.

7. Motor Tiba-tiba Mati

Pada kondisi yang ekstrem, telat ganti oli dapat menyebabkan motor tiba-tiba mati saat digunakan. Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat membahayakan keselamatan Anda.

Motor yang mati di tengah jalan dapat menyebabkan kecelakaan, apalagi jika Anda sedang berada di jalan yang ramai atau di tikungan. Beberapa pengendara motor matic pernah mengalami kejadian motor mati mendadak saat di jalan.  

Ada yang terjatuh dari motor karena panik, ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain, atau bahkan terluka parah karena kecelakaan.  Tentu kejadian ini tidak ingin Anda alami, bukan?

BACA JUGA:Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Yamaha X-Force 2025, Siap Menggebrak Jalanan

BACA JUGA:Menarik Nih! 7 Alasan Motor Matic Honda ADV 350 2024 Cocok untuk Touring

Dengan mengetahui akibat fatal telat ganti oli motor matic di atas, sehingga Anda dapat memastikan motor matic Anda selalu dalam kondisi prima. Ingat, ganti oli tepat waktu, berkendara aman dan nyaman! (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: