5 Penyebab Utama Kompresi Motor Matic Menjadi Rendah
Kumpulan penyebab utama kompresi motor matic menjadi rendah-Pinterest -
BACA JUGA:Keren Abis! 7 Fitur Futuristis yang Bikin Motor Matic Yamaha Cygnus Gryphus 2025 Jadi Idaman
2. Kerusakan Pada Klep
Kerusakan pada klep adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kompresi rendah pada motor matic.
Klep yang aus atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan kebocoran kompresi di dalam ruang bakar.
Klep yang aus biasanya tidak dapat menutup dengan sempurna, sehingga gas hasil pembakaran dapat bocor kembali ke saluran masuk udara atau knalpot, mengurangi tekanan kompresi yang seharusnya dihasilkan oleh mesin.
Pemeriksaan dan penyetelan ulang klep secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja optimal mesin motor matic.
Pastikan klep dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan, sehingga pembakaran dalam ruang bakar tetap efisien dan tenaga mesin dapat dipertahankan dengan baik, terutama saat menghadapi kondisi jalan yang menantang seperti tanjakan.
BACA JUGA:Daftar Penyebab Shockbreaker Motor Matic Mati
BACA JUGA:Pentingnya Merawat CVT pada Motor Matic
3. Kebocoran Pada Gasket Kepala Silinder
Kebocoran pada gasket kepala silinder merupakan salah satu penyebab utama kompresi rendah pada motor matic.
Gasket kepala silinder adalah komponen yang menghubungkan antara blok silinder dan kepala silinder, serta bertanggung jawab untuk menjaga tekanan kompresi di dalam ruang bakar.
Jika gasket ini bocor atau rusak, dapat terjadi kebocoran gas pembakaran ke luar atau ke dalam sistem pendingin atau pelumasan mesin.
Kebocoran pada gasket kepala silinder sering kali disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan atau kondisi mesin yang panas berlebihan, yang dapat menyebabkan gasket mengalami keausan atau bahkan pecah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: