Diskominfo Cilacap Kembangkan 'Siber Maya', Platform Digital Bagi Netizen Journalism

Diskominfo Cilacap Kembangkan 'Siber Maya', Platform Digital Bagi Netizen Journalism

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Cilacap, Sherly Dyah Permanasari --

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Teknologi komunikasi telah merubah paradigma, yang sebelumnya berlangsung satu arah, dari pemerintah kepada Masyarakat, namun saat ini memberikan kesempatan komunikasi dua arah, yaitu komunikasi antara masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya

Sebagai upaya mendukung komunikasi dua arah dalam mengoptimalkan pengelolaan informasi dan komunikasi publik tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap terus berinovasi, dengan mengembangkan aplikasi  “Siber Maya “(Sistem Informasi dan Berita Masyarakat Cilacap Bercahaya), Sebuah platform inovasi digital berbasis website. Siber Maya mengakomodir publikasi informasi dari masyarakat di berbagai sektor, ekonomi, sosial, seni, budaya, pariwisata, kuliner, pendidikan, olah raga, pemerintahan dan UMKM.

Saat Uji coba “Siber Maya” Selasa (25/6/2024), Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Cilacap, Sherly Dyah Permanasari menyampaikan,  “Jangkauan Wilayah Kerja  jurnalistik yang terlalu luas, keterbatasan jumlah SDM, sarana prasara jurnalistik yang minim, serta anggaran operasional perjalanan yang terbatas, 4 pemasalahan inilah yang melatarbelakangi  inovasi aplikasi Siber Maya.” 

Tak dapat dipungkiri, peran serta media sosial sebagai alat publikasi menjadi trend dan daya tarik bagi masyarakat saat ini.  Oleh karena itu “Siber Maya” sebagai media sosial, memberi ruang kepada  masyarakat untuk mempublikasikan keunggulan atau potensi lokal yang dimiliki dan belum tergali, agar mendunia. 

Pemanfaatan Siber Maya dengan bijak dan optimal tentunya dapat mengedukasi dan meningkatan literasi digital. "Siber Maya juga mendorong budaya gemar menulis bagi masyarakat. Di dunia maya yang dinamis, Siber Maya berusaha membangun citra daerah yang lebih terarah dengan kesadaran dan literasi digital kepada warganet", ujar Sherly.

Sebagai forum publik, Siber Maya memungkinkan warga Kabupaten Cilacap dan sekitarnya memberikan saran dan dukungan terhadap berbagai sektor pembangunan dengan menjunjung tinggi kode etik dalam dinamika di dunia maya. 

Uji coba penerapan aplikasi Siber Maya telah dilaksanakan. Saat ini platform ini terus disempurnakan agar dapat berfungsi secara optimal. Ini akan menjadi wadah kreativitas bagi netizen journalism di wilayah tersebut.

"Uji coba aplikasi ini telah dilakukan, dan diharapkan Siber Maya akan menjadi wadah kreativitas netizen journalism yang sehat dan beretika", pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: