Penyebab Velg Motor Matic Rusak

Penyebab Velg Motor Matic Rusak

Cara cek velg motor matic yang peyang, cukup dengan kaca cermin. Simak tips sederhana untuk menjaga kondisi pelek agar tetap prima dan aman saat berkendara.-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Velg merupakan salah satu komponen penting pada kaki-kaki motor matic. Kondisi velg yang baik memengaruhi kenyamanan berkendara. Inilah mengapa penting untuk memahami Penyebab Velg Motor Matic Rusak.

Velg atau pelek motor matic memiliki peran krusial dalam menopang berat kendaraan, roda, serta sistem pengereman. Bagian tengah velg berfungsi sebagai poros roda yang menopang tromol dan sistem pengereman motor. 

Jenis-Jenis Velg

1. Velg Jari-Jari

Velg jari-jari adalah jenis yang umum digunakan dengan karakteristik berbagai jari-jari yang saling menyilang untuk menghubungkan ring pelek dengan poros roda atau tromol. 

Velg ini sering dipilih untuk motor trail atau enduro karena elastisitasnya yang baik dalam mereduksi getaran. Materialnya dapat berupa besi yang dilapisi krom atau aluminium. 

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai Dari Motor Matic Mio M3

BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Yamaha X Ride 125

2. Cast Wheel (CW)

Cast wheel atau pelek cor banyak digunakan pada motor balap karena konstruksinya yang ringan dan memiliki kemampuan manuver yang baik. Pelek ini tersedia dalam berbagai model dan warna. 

Meskipun memiliki keunggulan dalam performa, cast wheel rentan terhadap kerusakan jika menghantam lubang besar dan cenderung lebih mahal karena bahan aluminium yang digunakan.

Penyebab Velg Motor Matic Rusak

1. Adanya benturan atau tabrakan dengan benda keras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: