Tips Memilih Velg pada Motor Matic

Tips Memilih Velg pada Motor Matic

Pencegahan velg Motor matic peyang penting dilakukan dengan memperhatikan kondisi velg, menghindari terjatuh, dan mengganti velg yang aus atau tidak kuat secara-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Velg merupakan salah satu komponen vital pada kaki-kaki kendaraan, termasuk motor matic. Maka penting bagi pengguna motor untuk mengetahui Tips Memilih Velg pada motor matic.

Pelek motor matic didesain dengan presisi untuk memastikan ban terpasang dengan sempurna. Bagian tengah velg berfungsi sebagai tempat untuk tromol, yang menjadi poros roda dan penopang sistem pengereman kendaraan.

Velg terdiri dari beberpa jenis, seperti Velg jenis jari-jari terkenal dengan banyak jari-jari atau ruji yang saling menyilang untuk menghubungkan ring pelek dengan poros roda atau tromol. 

Jenis ini sangat elastis dan biasa digunakan pada motor trail atau enduro karena mampu mereduksi getaran dengan baik. Velg jari-jari tersedia dalam material seperti besi yang dilapisi krom dan aluminium.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai Dari Motor Matic Mio M3

BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Yamaha X Ride 125

Selain tu, ada Velg cast wheel, atau sering disebut pelek racing, umumnya digunakan pada motor balap karena konstruksinya yang ringan dan memberikan kemampuan bermanuver yang baik. 

Velg jenis ini memiliki beragam desain dan warna yang menarik. Cast wheel bisa dipasangkan dengan ban biasa atau tipe tubeless. Namun, kelemahannya adalah beratnya dan rentan terhadap kerusakan saat melewati lubang besar di jalan. 

Harga cast wheel cenderung lebih mahal, terutama untuk material aluminium. Material lain seperti magnesium dan bahkan karbon digunakan untuk motor-motor kelas atas dengan harga yang tinggi.

Tips Memilih Velg pada Motor Matic

Velg merupakan salah satu komponen vital yang memengaruhi kenyamanan namun juga keamanan saat berkendara. Oleh karena itu saat memilih velg untuk motor matic, perhatikan beberapa Tips Memilih Velg pada Motor Matic:

1. Memperhatikan bahan dari velg

Velg aluminium adalah pilihan umum karena ringan dan tahan lama. Bahan ini cocok untuk penggunaan sehari-hari karena tidak mudah berkarat dan relatif terjangkau dibandingkan bahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: