3 Cara Mudah Memperbaiki Penyok Pada Motor Matic yang Bisa Kalian Lakukan Sendiri

3 Cara Mudah Memperbaiki Penyok Pada Motor Matic yang Bisa Kalian Lakukan Sendiri

Kumpulan cara mudah memperbaiki penyok pada motor matic yang bisa kalian lakukan sendiri-Pinterest -

Pastikan kalian memiliki palu karet yang berkualitas. Palu karet digunakan karena tidak akan merusak atau menggores permukaan velg seperti palu logam.

- Lepas Velg dari Motor

Untuk hasil terbaik, lepaskan velg dari motor. Pastikan motor dalam keadaan stabil dan aman sebelum kalian mulai bekerja.Gunakan kunci roda untuk membuka baut roda dan lepaskan velg dari motor.

- Identifikasi Bagian yang Penyok

Periksa dengan teliti bagian velg yang penyok. Tandai area tersebut dengan spidol atau kapur agar mudah diidentifikasi saat bekerja.

- Pukul Bagian yang Penyok

Pukul bagian yang penyok dengan palu karet dari arah dalam velg. Pukulan harus dilakukan secara perlahan dan bertahap untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.Mulailah dengan pukulan ringan dan tingkatkan kekuatan secara bertahap jika diperlukan.

- Periksa Hasilnya

Setelah beberapa pukulan, berhenti sejenak untuk memeriksa apakah penyok mulai lurus. Ulangi proses ini sampai velg kembali ke bentuk semula.Gunakan alat pengukur atau hanya dengan mata telanjang untuk memastikan velg sudah lurus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa memperbaiki penyok pada velg motor matic dengan mudah dan aman menggunakan palu karet. 

Metode ini tidak hanya efektif, tetapi juga hemat biaya dibandingkan harus mengganti velg baru atau membawa motor ke bengkel.

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Honda Vario 125 yang Penting untuk Dilakukan

BACA JUGA:Keren Abis! 7 Kecanggihan Motor Matic Yamaha Zuma 125, yang Bikin Jatuh Hati

2. Memanaskan Velg 

Cara lain yang efektif untuk memperbaiki penyok pada velg motor matic adalah dengan memanaskan velg. Pemanasan membuat logam menjadi lebih lentur dan lebih mudah dibentuk kembali ke bentuk semula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: