Simak Nih! 7 Kelebihan Ganti Kopling Racing di Motor Matic

Simak Nih! 7 Kelebihan Ganti Kopling Racing di Motor Matic

Simak Nih! 7 Kelebihan Ganti Kopling Racing di Motor Matic-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kelebihan ganti kopling racing di motor matic, menjadi sebuah pilihan menarik untuk meningkatkan performa dan tampilan. Bagi pengendara motor matic, performa dan akselerasi skuter kesayangan menjadi faktor penting dalam  berkendara.  

Salah satu komponen yang memegang peranan krusial dalam performa adalah kopling. Nah, untuk Anda yang ingin mendongkrak performa motor matic, ganti kopling racing bisa menjadi opsi menarik.

kopling racing dirancang khusus untuk memberikan performa yang lebih optimal, dibandingkan kopling standar bawaan pabrik. Dibalik fungsinya yang sama, kopling racing menawarkan sederet keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan.  



Namun, sebelum memutuskan melakukan upgrade, ada baiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangan kopling racing. Agar sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

7 Kelebihan Ganti Kopling Racing di Motor Matic

Berikut ini beberapa kelebihan ganti kopling racing di motor matic, yang perlu Anda ketahui:

1. Akselerasi Lebih Responsif

Keuntungan utama yang akan Anda rasakan, saat menggunakan kopling racing adalah akselerasi yang lebih responsif. Rahasia di balik peningkatan performa ini, terletak pada dua komponen utama kopling racing yaitu kampas kopling dan per kopling.

BACA JUGA:Eksplorasi Desain Aerodinamis pada Motor Matic

BACA JUGA:Analisis Total Biaya Kepemilikan Motor Matic Selama 5 Tahun

Kampas kopling racing  memiliki tingkat gigitan yang lebih kuat. Artinya, cengkeraman antara kampas kopling dengan mangkok kopling lebih kuat dan optimal.  

Ditambah lagi dengan per kopling yang lebih keras, tenaga mesin akan lebih cepat tersalurkan ke roda belakang saat tuas gas diputar. Hasilnya akselerasi motor matic Anda menjadi lebih spontan dan lincah, terutama saat hendak menyalip kendaraan lain atau berakselerasi dari posisi diam.

2. Tarikan Lebih Enteng

Berkendara di jalanan perkotaan yang padat dan sering berhenti-jalan (stop-and-go), dapat membuat tangan mudah lelah akibat penggunaan kopling yang terus menerus.  

Kabar baiknya, kopling racing umumnya memiliki kampas kopling yang lebih tipis dan ringan, dibandingkan dengan kopling standar.

BACA JUGA:Keuntungan Penggunaan Motor Matic dalam Layanan Pengantaran

BACA JUGA:Pengaruh Perawatan Berkala terhadap Umur Mesin Motor Matic

Hal ini membuat tarikan kopling terasa lebih enteng. Anda tidak perlu mencengkeram tuas kopling terlalu kuat, sehingga mengurangi rasa lelah pada tangan dan lengan saat berkendara jarak jauh.

3. Performa Mesin Lebih Stabil

Kopling racing dirancang untuk bekerja optimal pada putaran mesin yang lebih tinggi,  dibandingkan kopling standar. Peningkatan kemampuan ini membuat performa mesin motor matic Anda lebih stabil, terutama saat digunakan pada kecepatan tinggi.  

Dengan cengkeraman yang lebih kuat dan kemampuan menahan panas yang lebih baik, kopling racing mengurangi risiko terjadinya selip kopling  yang dapat mengganggu performa mesin.

4. Mengurangi Selip Kopling

Selip kopling adalah kondisi di mana kampas kopling, tidak dapat mencengkram mangkok kopling dengan sempurna. Akibatnya tenaga mesin tidak tersalurkan optimal ke roda belakang, sehingga akselerasi terasa kurang responsif dan boros bahan bakar.

BACA JUGA:Eksplorasi Fitur Keselamatan Terkini pada Motor Matic Modern

BACA JUGA:Catat! Begini Pencegahan CVT Motor Matic Berbunyi

Kopling racing memiliki keunggulan pada material kampas kopling, yang lebih kuat dan tahan panas. Hal ini meminimalisir terjadinya selip kopling, menjaga tenaga mesin tersalurkan optimal ke roda belakang, menjaga performa mesin tetap optimal, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

5. Umur Pakai Lebih Lama

Penggantian komponen motor secara rutin, termasuk kopling, merupakan hal yang penting untuk menjaga performa dan keamanan saat berkendara.  

Umumnya kampas kopling racing terbuat dari bahan yang lebih berkualitas, dibandingkan kampas kopling standar. Material yang lebih baik ini membuat kampas kopling racing lebih tahan aus, dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

Meskipun demikian keawetan kopling racing tetap tergantung pada penggunaan. Jika Anda gemar memacu motor matic hingga putaran mesin tinggi, atau sering digunakan untuk aktivitas balap, maka penggantian kampas kopling racing mungkin perlu dilakukan lebih cepat.

6. Tampilan Lebih Sporty

Selain meningkatkan performa, penggunaan kopling racing  dapat mendongkrak tampilan motor matic Anda.  Kopling racing biasanya memiliki desain yang lebih sporty, dibandingkan kopling standar.

BACA JUGA:Perhatikan! Penyebab CVT Motor Matic Berbunyi

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai Dari Motor Matic Yamaha Freego 125  

Beberapa produsen menawarkan kampas kopling racing dengan warna-warna menarik, yang dapat memberikan sentuhan estetika pada CVT motor matic Anda.

7. Suara Mesin Lebih Garing

Bagi sebagian orang suara mesin yang lebih garing dapat menjadi daya tarik tersendiri.  Kopling racing umumnya menghasilkan suara mesin yang lebih garing, dibandingkan kopling standar.  

Suara ini menimbulkan kesan sporty dan bertenaga pada motor matic Anda.  Meskipun demikian perlu diingat bahwa suara mesin yang lebih garing ini, mungkin tidak disukai semua orang.

Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ganti Kopling Racing

Di balik sederet keuntungannya, kopling racing juga memiliki beberapa kekurangan. Yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade:

1. Harga yang Lebih Mahal

Dibandingkan dengan kopling standar, kopling racing umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh material dan teknologi, yang digunakan pada kopling racing yang lebih canggih dan berkualitas tinggi.

2. Getaran yang Lebih Terasa

Kopling racing  dirancang untuk bekerja pada putaran mesin yang lebih tinggi.  Akibatnya,  getaran pada mesin motor matic Anda mungkin akan lebih terasa.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai Dari Motor Matic Yamaha Freego 125

BACA JUGA:5 Daftar Motor Matic Paling Unik yang Ada di Dunia

Terutama saat motor matic digunakan pada kecepatan rendah. Bagi sebagian orang, getaran ini  dapat terasa tidak nyaman.

3. Lebih Cepat Aus pada Penggunaan Harian

Kopling racing  tidak selalu ideal untuk penggunaan motor matic dalam aktivitas sehari-hari.  Material kampas kopling racing yang lebih keras, dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat  jika digunakan pada kondisi jalanan yang padat dan stop-and-go.

4. Tidak Cocok untuk Semua Motor Matic

Tidak semua motor matic kompatibel dengan kopling racing. Sebelum memutuskan untuk upgrade pastikan Anda mengetahui jenis dan spesifikasi motor matic Anda, agar sesuai dengan kopling racing yang tersedia di pasaran.

Kelebihan ganti kopling racing di motor matic, dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin meningkatkan performa dan tampilan motor matic. Terutama bagi pecinta kecepatan dan balap, namun penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan gaya berkendara Anda. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: